Ke Bukittinggi Mampirlah di Air Terjun Lembah Anai

Bagi wisatawan yang mau melakukan perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, di tengah perjalanan Anda nantinya akan menemukan sebuah objek wisata air terjun yang sangat terkenal. Lembah Anai namanya, mampirlah sejenak untuk merasakan kesegarannya sambil mengendurkan otot-otot yang tegang karena perjalanan jauh.

Air Terjun Lembah Anai
Air Terjun Lembah Anai Sumatera Barat
Tidak sulit untuk menjangkau Lembah Anai, karena letaknya hanya beberapa meter saja dari jalan raya, setiap pengendara pun pasti dapat melihat air yang tumpah dari atas tebing ini. Bahkan tidak jarang banyak yang memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat istirahat sambil menikmati panorama air terjun lembah anai di tengah perjalanan.

Baca Juga: Ngarai Sianok, Lembah Paling Indah di Bukittinggi

Air terjun yang berketinggian 35 meter ini merupakan bagian dari Cagar Alam Lembah Anai. Sumber airnya berasal dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang. Airnya sangat jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, menampilkan pemandangan yang indah untuk dipandang.

Di sebelah kanan dan kiri jalan kita dapat menyaksikan lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon. Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas. Airnya jernih dan tampak menghijau ketika terkena sinar matahari. Jika dilihat secara kasatmata, tampaknya kolam cukup dalam.

Air Terjun Lembah Anai secara administrasi masuk dalam wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Jika Anda berangkat dari Kota Padang, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam berkendara dengan mobil/motor.

Panorama alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Lembah Anai cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung, letaknya pun sangat strategis dan mudah dijangkau. Sehingga tak heran jika Air Terjun Lembah Anai ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Barat sebagai salah satu pariwisata unggulan di provinsi tersebut.

Sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Sumatera Barat, fasilitas pendukung pariwisata di sekitar lembah anai sudah tersedia. Seperti rumah makan yang menyediakan makanan khas Sumatera Barat, kios-kios souvenir hingga penginapan. Selain itu toilet pun juga sudah tersedia. Semata-mata untuk kenyamanan pengunjung yang datang ke Air Terjun Lembah Anai.

0 Response to "Ke Bukittinggi Mampirlah di Air Terjun Lembah Anai"

Posting Komentar