7 Tempat Wisata di Bukittinggi Yang Bisa Dikunjungi

Bukittinggi merupakan salah satu kota di Sumatera Barat yang sangat terkenal dengan ikonnya yaitu Jam Gadang yang juga sekaligus menjadi tempat wisata di Bukittinggi. Terletak di ketinggian 909 meter di atas permukaan laut, Kota Bukittinggi memiliki hawa yang sejuk serta panorama alam yang cukup memikat dengan keadaan topografi berupa bukit, lembah serta dikelilingi tiga gunung.

Selain panorama alamnya yang cukup memikat, Kota Bukittinggi juga memiliki peninggalan sejarah yang bisa anda nikmati. Dengan kondisi tersebut, tidak salah jika menjadikan Bukittinggi sebagai salah satu tujuan wisata anda.

Berikut adalah 7 tempat wisata di Bukittinggi yang bisa dikunjungi.

1. Air Terjun Lembah Anai


Air terjun lembah anai merupakan air terjun setinggi 35 meter yang terletak di pinggir jalan raya Padang-Bukittingi, lokasi tepatnya berada di Nagari Singgalang Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, meski tidak berada dalam wilayah bukittinggi, namun air terjun ini sering dikunjungi dan menjadi tempat persinggahan bagi wisatawan dari Kota Bukittinggi dan sekitarnya.

2. Jam Gadang


Jam Gadang merupakan bangunan peninggalan bersejarah yang dibangun pada 1826 sebagai hadiah dari ratu Belanda kepada Rook Maker yang menjabat sebagai sekretaris Kota Bukittinggi pada waktu itu, selain menjadi Ikon Kota Bukittingi, Jam Gadang juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung. Jam Gadang memiliki tinggi 26 meter dimana keempat sisi bagiannya terdapat bulatan jam dengan angka romawi.

3. Lobang Jepang


Sesuai dengan namanya, Lobang Jepang merupakan sebuah terowongan atau bunker yang di bangun Jepang sekitar tahun 1942 untuk pertahanan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II dan Perang Asia Timur Raya dan kini bunker tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Bukittinggi bersama dengan objek wisata Taman Panorama.

4. Ngarai Sianok


Ngarai Sianok merupakan suatu lembah dengan dinding hampir vertikal yang saling berhadapan, tingginya sekitar 100 meter dengan pemandangan sungai dan ladang padi di bawahnya. Untuk melihat pemandangan Ngarai Sianok anda bisa pergi ke Taman Panorama atau turun langsung ke bawah Ngarai Sianok.

5. Janjang Saribu dan Janjang Koto Gadang


Janjang Saribu dan Janjang Koto Gadang adalah dua tempat wisata di Bukittinggi yang berbeda, Janjang Saribu membentang dari Desa Bukit Apit hingga tepi sungai dasar lembah ngarai sianok, sedangkan Janjang Koto Gadang membentang dari Kawasan Koto Gadang, Kabupaten Agam hingga kawasan bawah Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi. Janjang Koto Gadang telah direnovasi dengan mengadopsi tembok besar China, oleh karena itu Janjang ini disebut juga sebagai Great Wall Of Koto Gadang.

6. Benteng Fort de Kock


Benteng Fort de Kock merupakan bangunan peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1825 oleh Kapten Bouer di atas Bukit Jirek Kota Bukittingi sebagai kubu pertahanan pemerintah Belanda menghadapi serangan rakyat dalam perang paderi, hingga saat ini benteng setinggi 20 meter dengan warna cat putih tersebut masih berdiri dan menjadi saksi bisu sejarah sekaligus objek wisata.

7. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau kebun binatang ini terletak di lokasi yang sama dengan Benteng Fort de Kock dan Museum Rumah adat Baanjuang yang berbentuk rumah gadang, ketiga tempat tersebut terhubung melalui Jembatan Limpapeh yang dibawahnya merupakan jalan raya, sehingga anda bisa mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus disini.

0 Response to "7 Tempat Wisata di Bukittinggi Yang Bisa Dikunjungi"

Posting Komentar