Ngarai Sianok, Lembah Paling Indah di Bukittinggi

Bukittinggi merupakan Kota di Sumatera Barat yang letaknya berada di dataran tinggi. Kota ini memiliki suhu udara yang tergolong sejuk serta topografi yang berbukit-bukit. Bukittinggi dikelilingi panorama alam yang elok, hijau dan subur serta dikelilingi oleh tiga gunung, Merapi, Singgalang dan Sago. Dengan keadaan alam seperti itu, tempat wisata di Bukittinggi cukup mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya adalah panorama alam di Ngarai Sianok.
Ngarai Sianok
Pemandangan Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang bentuknya memanjang dan berkelok. Di dasarnya terdapat sebuah anak sungai "Batang Sianok" yang mengalir berliku-liku. Ngarai Sianok terbentuk akibat adanya perpaduan proses vulkanik dan tektonik. Sehingga menimbulkan patahan berbentuk dinding curam tegak lurus.
Ngarai Sianok Bukittinggi
Pemandangan Ngarai Sianok

Patahan Ngarai Sianok ini merupakan bagian dari patahan semangko yang membagi pulau sumatera menjadi bagian barat dan timur. Patahan Semangko ini termasuk patahan vertikal yang bagian patahannya mempunyai arah naik dan turun. Apabila atas sesarnya bergeser relatif turun terhadap alas sesarnya dinamakan sesar turun. Sedangkan bila bagian atas sesar seolah bergerak ke atas dinamakan sesar naik.
Ngarai Sianok Sumatera Barat
Seekor kera di Ngarai Sianok

Proses alam ini telah menghasilkan lembah dengan pemandangan yang indah, hijau, subur dan menarik di pandang mata. Sehingga Ngarai Sianok menjadi salah satu objek wisata utama di Provinsi Sumatera Barat. Ngarai Sianok mempunyai kedalaman sekitar 100 meter dan lebarnya sekitar 200 meter. Memanjang hingga 15 km, mulai dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku.

Baca Juga: Air Terjun Lembah Anai Sumatera Barat

Pemandangan Ngarai Sianok sangat menyegarkan mata dengan pohon-pohon besar yang mengelilingi lembah, sungai-sungai kecil, tebing-tebing dan juga dedaunan hijau. Udara di Sianok pun sangat sejuk serta terdapat monyet-monyet liar yang hidup bebas di sana. Karenanya ngarai ini cocok sebagai tempat melepaskan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Ngarai Sianok terletak di perbatasan anatara Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kita dapat menggunakan kendaraan seperti mobil atau motor untuk mencapai ke lembah ini. Anda dapat menikmati keindahan panorama Ngarai Sianok yang menghijau dari kejauhan di sebuah tempat bernama Taman Panorama.

Selain keindahan Ngarai Sianok, di lokasi juga terdapat wisata sejarah yaitu Lobang Jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada saat Perang Dunia II. Letaknya 40 meter di bawah tanah dan merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun untuk kepentingan pertahanan. Di dalam lobang atau terowongan ini terdapat beberapa ruangan seperti kantor, tempat persenjataan, rumah sakit dan lain-lain.

0 Response to "Ngarai Sianok, Lembah Paling Indah di Bukittinggi"

Posting Komentar