7 Tempat Wisata di Sumatera Barat Yang Bisa Anda Kunjungi

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di Pulau Sumatera dan sebagian besar penduduknya merupakan suku minangkabau. Provinsi ini terdiri dari 19 kabupaten/kota yang masing-masing daerahnya memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di Sumatera Barat, berikut ini ada 7 objek wisata yang mungkin bisa menjadi pilihan anda untuk berlibur di sana.

1. Mentawai


Kepulauan Mentawai tentu saja sudah tidak asing lagi bagi anda karena kepulauan ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang sangat populer di Sumatera Barat. Daya tarik wisata kepulauan mentawai ini adalah pantai berpasir putih, terumbu karang dan ombak yang memukau untuk berselancar. Selain itu ada juga air terjun dan seni tato tertua di dunia yang dimiliki masyarakat Mentawai.

2. Pulau Pasumpahan


Pulau Pasumpahan mungkin tidak sepopuler kepulauan mentawai tetapi pulau ini juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi karena memiliki pemandangan yang cukup memikat. Pulau ini berada di perairan Sumatera Barat dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

3. Pulau Pagang


Satu lagi pulau di Sumatera Barat yang bisa menjadi tujuan wisata anda disamping pulau-pulau indah lainnya yaitu Pulau Pagang, pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir putih serta panorama alam yang cukup memikat. Untuk menuju kesana wisatawan bisa berangkat dari pelabuhan di Kota Padang.

4. Lembah Harau


Lembah Harau merupakan sebuah lembah yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, tempat memiliki pemandangan yang menarik karena dikelilingi batu granit terjal dengan ketinggian sekitar 100 meter - 500 meter. Selain itu lembah harau juga memiliki beberapa air terjun yang bisa anda nikmati seperti air terjun sarasah bunta, sarasah murai dan lain sebagainya.

5. Pantai Carocok Painan


Pantai Carocok Painan lokasinya terletak di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, jaraknya sekitar 2 jam dari Kota Padang. Selain memiliki pemandangan yang menarik, dari pantai ini anda juga bisa mengunjungi pulau kereta melalui jembatan penghubung atau bisa juga mengunjungi Pulau Cingkuak dengan menggunakan perahu.

6. Ngarai Sianok


Ngarai Sianok adalah sebuah lembah yang panjang dan berkelok-kelok, lokasinya terletak di perbatasan antara kota bukittinggi dan kabupaten agam. Ngarai Sianok ini sangat terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di Bukittinggi, untuk menikmatinya anda bisa menuju ke Taman Panorama yang juga terdapat bunker jepang.

7. Istana Pagaruyung


Istano Basa Pagaruyung atau Istana Pagaruyung merupakan sebuah istana yang berbentuk rumah gadang, lokasinya terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Dahulu istana ini menjadi tempat tinggal raja sekaligus menjalankan pemerintahan. Istana ini pernah terbakar beberapa kali dan istana yang berdiri sekarang ini merupakan replika dari yang aslinya.