Puluhan Pantai di Jogja Untuk Wisata Anda Bersama Keluarga dan Kerabat

Pesisir selatan Yogjakarta menawarkan pantai-pantai indah yang bisa kalian kunjungi untuk piknik bersama keluarga ataupun kerabat, terutama di Kabupaten Gunung Kidul yang tercatat mempunyai lebih banyak pantai dibandingkan daerah di Jogja lainnya. Dengan banyaknya pantai-pantai yang ada di Jogja tentu akan membuat wisatawan bingung untuk memilih, untuk itu kami telah membuat daftar beberapa pantai di Jogja yang layak dan menarik untuk Anda kunjungi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta

1. Pantai Parangtritis, Paling Terkenal di Jogjakarta


Pantai Parangtritis adalah pantai paling terkenal di Jogjakarta, sekaligus yang paling dekat dengan Kota Jogja atau sekitar 30 kilometer saja. Akses menuju ke Pantai Parangtritis sangat mudah, pengunjung bisa memanfaatkan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi. Selain bermain air di pinggir pantai, di pantai parangtritis juga ada penyewaan ATV atau Bendi untuk menyusuri pantai ini.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta

2. Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal


Pantai Pulang Syawal atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti berada sekitar 70 kilometer dari Kota Yogjakarta, merupakan pantai yang dibatasi oleh bukit karang. Pantai ini menyajikan pemandangan yang berbeda dibandingkan pantai lain yang ada di Gunung Kidul, karena selain menyajikan pasir putih dan laut yang biru jernih, pantai indrayanti sudah dilengkapi restoran dan cafe serta deretan penginapan.

3. Menjajal Gondola Pantai Timang


Pantai Timang mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pantai lain yang ada di Jogja, yaitu adanya batu karang di tengah laut dan sebuah kereta gantung sederhana (gondola) yang menghubungkannya. Gondola itu dibangun oleh warga setempat untuk mencapai batu karang, sebagai tempat terbaik untuk menangkap lobster atau memancing ikan. Jika pengunjung tertarik bisa mencoba naik gondola tersebut.

4. Snorkeling di Pantai Sadranan


Bila mencari pantai yang bisa snorkeling di Jogja, Pantai Sadranan bisa jadi pilihan wisata Anda, karena lokasinya yang cocok untuk digunakan sebagai tempat snorkeling. Tidak perlu jauh ke lepas pantai untuk snorkeling, cukup di pinggir pantai saja sudah bisa. Jika Anda tidak mempunyai peralatan snorkeling tenang saja karena sudah tersedia penyewaan alat snorkeling di Pantai Sadranan.

5. Pantai Drini Dengan Pulau Karangnya


Pantai Drini tidak kalah indah untuk dikunjungi, lokasinya ada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini memiliki sebuah tebing besar yang berada di tengah-tengah pantai dan membagi pantai ini menjadi dua sisi. Tebing ini terlihat begitu indah sehingga membuatnya seolah-olah seperti pulau kecil yang terapung di tengah pantai. Fasilitas gazebo pun sudah tersedia bagi pengunjung yang ingin istirahat saat lelah setelah berkeliling pantai.

6. Snorkeling di Pantai Nglambor


Selain pantai sadranan, pantai di Jogja yang bisa untuk snorkeling adalah Pantai Nglambor yang berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Pantai Nglambor dapat digunakan untuk snorkeling karena lautnya relatif tenang, penyebabnya adalah adanya dua pulau karang sebagai pemecah ombak. Di pantai ini juga sudah ada tempat penyewaan snorkeling sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

7. Pantai Sundak, Perkelahian Asu dan Landak


Pantai Sundak tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang indah tetapi juga menyimpan cerita legenda. Hal tersebut bisa kita lihat dari namanya. Pantai Sundak, singkatan dari asu dan landak karena katanya zaman dahulu ada asu dan landak yang bertarung di sana. Lokasi pantai sundak ada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

8. Pantai Siung Mempunyai 250 Jalur Panjat Tebing


Pantai Siung mempunyai keunikan tersendiri yaitu adanya bukit-bukit curam yang mengelilingi pantai, hal itu membuat pantai siung sangat ideal untuk olahraga panjat tebing. Bahkan menurut berbagai informasi, di Pantai Siung ini terdapat 250 jalur panjat tebing sehingga menjadi surga bagi para climbers. Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkudul, Yogyakarta, berjarak sekitar 35 km dari kota Wonosari.

 9. Pantai Pok Tunggal


Pantai Pok Tunggal terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung, tepatnya di Kecamatan Tepus. Pantai ini landai dengan ombak relatif tenang serta berpasir putih, selain itu dikelilingi dinding perbukitan yang menghiasinya. Menuju ke Pantai Pok Tunggal memang agak sulit, karena kondisi jalan yang tidak mulus tetapi keindahan pantainya layak untuk dieksplorasi.

10. Pantai Sepanjang, Kuta Jaman Dulu


Jika ditilik dari namanya, dinamakan pantai sepanjang mungkin karena garis pantainya yang panjang. Selain itu pantai ini juga disebut dengan pantai kuta jaman dulu, mungkin  gambaran pantai kuta jaman dulu seperti pantai sepanjang ini ketika masih sepi belum seperti sekarang. Sepanjang memiliki pasir berwarna putih dan ombak yang sedang. Lokasi Pantai Sepanjang ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

0 Response to "Puluhan Pantai di Jogja Untuk Wisata Anda Bersama Keluarga dan Kerabat"

Posting Komentar