Pesona Wisata Pulau Komodo yang Tidak Ada Duanya di Dunia

Pulau Komodo mempunyai pesona tersendiri yang tidak ada duanya di dunia, karena di pulau inilah wisatawan dapat melihat hewan besar mirip kadal raksasa yang langka dan hampir punah bernama Komodo (Varanus komodoensis). Namun itu hanyalah salah satu daya tarik dari Pulau Komodo, keragaman ekosistem bawah lautnya juga sangat mempesona untuk diselami.

Hewan Komodo


Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang dikabarkan telah ber-evolusi sejak zaman purba. Binatang ini memiliki panjang 2-3 m dengan berat mencapai seratus kilogram lebih. Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, giginya bergerigi tajam dan lidahnya bercabang. Air liur hewan ini mengandung banyak bakteri sehingga mereka bisa melumpuhkan mangsanya dengan sekali gigitan.
Komodo Indonesia
Komodo, Indonesia

Komodo hanya dapat ditemukan di Indonesia yaitu di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Komodo, Rinca, Padar serta beberapa pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Karena kelangkaannya Taman Nasional Komodo ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1986.

Pulau Komodo

Pulau Komodo Indonesia
Pulau Komodo, Indonesia

Pulau Komodo terletak di tengah-tengah antara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kondisinya berupa daratan ilalang dan berumput tipis. Pulau ini merupakan habitat asli bagi hewan komodo, mereka hidup dan berkembang biak dengan baik disini. Pulau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1910 dan dokumentasinya dibawa ke Museum dan Botanical Garden di Bogor untuk diteliti.

Pesona Bawah Laut Taman Nasional Komodo


Selain pengamatan satwa Komodo, perairan Taman Nasional Komodo juga sangat mempesona dan bahkan telah masuk dalam 10 destinasi snorkeling terbaik di dunia termasuk Raja Ampat, Indonesia. Sudah 30 tahun Taman Nasional Komodo ini menjadi situs warisan dunia, sehingga terumbu karang dan pulau-pulau di sini sangat terjaga dan menjadikan kehidupan bawah laut yang melimpah.

bawah laut taman nasional komodo
Pemandangan bawah laut taman nasional komodo, Indonesia

Pengunjung yang punya hobi snorkeling dan diving bisa memuaskan kegemarannya di sini. Ada banyak sekali titik penyelaman di Taman Nasional Komodo dengan kondisi dan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, peran pemandu penyelaman dan standar keamanan harus diperhatikan saat menyelami keindahan bawah laut di Taman Nasional ini.

Pink Beach Taman Nasional Komodo

Pantai Pink Taman Nasional Komodo
Pantai Pink Taman Nasional Komodo

Selain bawah lautnya ada lagi pantai yang menjadi primadona dari Taman Nasional Komodo yaitu Pantai Pink atau "Pink Beach" yang sangat langka di dunia. Pantai ini termasuk pantai dangkal dengan terumbu karang yang mempesona. Warna pasirnya menawan pantainya pun jernih, sehingga cocok untuk berenang dan snorkeling. Biasanya wisatawan menuju Pantai Pink setelah mengunjungi hewan Komodo di Pulau Komodo.

0 Response to "Pesona Wisata Pulau Komodo yang Tidak Ada Duanya di Dunia"

Posting Komentar