15 Tempat Wisata di Belanda Berdasarkan Kota

Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang menjadi tujuan wisata orang Indonesia untuk menghabiskan masa liburannya, dan memang salah satu kota yang paling terkenal dikunjungi di Belanda adalah Amsterdam. Namun Amsterdam hanyalah salah satu kota di Belanda yang wajib dikunjungi, masih ada kota-kota lain di Belanda yang juga mempunyai tempat wisata menarik.

Untuk itu tempat wisata di Belanda kali ini tidak hanya Amsterdam saja, karena saya juga akan membahas beberapa kota di Belanda yang bisa jadi tujuan wisata Anda meliputi Amsterdam, Rotterdam dan Den Haag. Berikut adalah tempat wisata di tiga Kota Belanda tersebut.

Tempat Wisata di Amsterdam, Belanda

1. Rijksmuseum


Rijksmuseum adalah museum nasional Belanda yang menyimpan peninggalan karya seni, kerajinan dan sejarah Belanda mulai dari abad pertengahan sampai sekarang. Koleksi di dalam Rijksmuseum ini berjumlah 8.000 karya seni yang terbagi dalam 80 ruangan. Ada salah satu koleksi spesial yang dimiliki museum ini yaitu lukisan karya Rembrandt van Rijn yang berjudul The Night Watch.

Bagi penggemar seni dan sejarah, masuk ke museum ini menurut saya sangat worth it. Namun bagi Anda yang kurang berminat untuk masuk, di depan Rijksmuseum ini terdapat tulisan "Iamsterdam" yang menjadi sasaran foto para wisatawan yang berkunjung ke Amsterdam, Belanda. Oh ya, untuk tiket masuk ke Rijksmuseum ini harganya € 17.50.

Lihat Juga: 10 Tempat Wisata di Jerman

2. Van Gogh Museum


Van Gogh merupakan pelukis Post-Impressionist Belanda yang karyanya dianggap sebagai yang terbaik, terkenal dan termahal di dunia. Dan sekarang karya-karyanya tersebut tersimpan di dalam Museum Van Gogh yang berada di area Museumplein, satu kawasan bersama dengan Rijksmuseum.

Meskipun Van Gogh sekarang dikenal sebagai pelukis terbaik namun semasa hidupnya ia hanya mampu menjual satu lukisan saja, berbanding terbalik dengan sekarang yang karyanya sangat dihargai. Nah, jika Anda penasaran seperti apa lukisan Van Gogh tersebut datang saja ke museumnya di Amsterdam dengan harga tiket masuk € 17.00.

Lihat Juga: 25 Tempat Wisata di London

3. Hermitage Amsterdam


Hermitage adalah cabang dari museum Hermitage yang terdapat di kota St Petersburg, Rusia. Letaknya berada di tepi sungai Amstel di Amsterdam dan menempati bangunan tua ikonik yang disebut Amstelhof. Museum ini menampilkan dua pameran yang berbeda, pertama menggambarkan hubungan yang telah terjalin sejak lama antara Rusia dan Belanda, yang kedua berfokus pada sejarah gedung Amstelhof. Untuk masuk ke museum ini harga tiketnya berkisar € 17,50 - € 25,00.

Lihat Juga: 10 Tempat Wisata di Paris

4. Anne Frank House


Anne Frank House adalah sebuah rumah di Amsterdam yang menjadi tempat persembunyian seorang anak perempuan bernama Anne Frank selama perang dunia II. Anak ini menjadi terkenal karena ceritanya yang ia tulis dalam buku hariannya. Sekarang rumah Anne Frank ini telah menjadi sebuah museum dan rumah bersejarah yang di dalamnya berisi buku harian yang asli serta tempat persembunyian Anne Frank. Untuk masuk ke sini pengunjung dikenakan tiket masuk 9 Euro.

5. Amsterdam Canal Tour


Berwisata ke Amsterdam belum lengkap jika Anda tidak menyusuri kanal-kanal di Amsterdam dengan menggunakan perahu, sambil melihat beberapa gedung yang terdapat di kiri kanan kanan kanal yang sarat dengan sejarah. Terdapat banyak titik pemberangkatan canal cruise yang tersebar di Amsterdam, namun anda juga bisa mengikuti paket tour agen perjalanan yang ditawarkan di sana.

6. Zaanse Schans


Berkunjung ke Negara Belanda yang dikenal dengan julukan negeri kincir semakin terasa lengkap jika kita bisa melihat kincir angin yang menjadi ikon sekaligus pariwisata Belanda ini. Nah, untuk melihat kincir angin di Belanda, Anda dapat berkunjung ke Zaanse Schans, sebuah desa yang berada beberapa kilometer dari Amsterdam. Zaanse Schan merupakan desa wisata yang menyuguhkan pemandangan khas pedesaan khas Belanda, selain itu juga terdapat kincir angin kuno yang hingga kini masih berfungsi.

7. The Royal Palace


Royal Palace Amsterdam terletak di Dam Square, bersama dengan Nieuwe Kerk dan Museum Madame Tussauds. Istana ini telah berusia ratusan tahun dan merupakan salah satu dari tiga istana yang ada di Belanda. Awalnya Royal Palace merupakan Balai Kota, lalu pada tahun 1808, Raja Louis Napoleon Bonaparte mengubahnya menjadi Istana, sampai dengan saat ini.

Royal Palace terbuka untuk umum, Anda bisa melihat bagaimana interior dari bangunan ini. Namun untuk masuk ke royal palace pengunjung harus membeli tiket masuk yang dibanderol seharga € 10,00.

Tempat Wisata di Rotterdam, Belanda

8. Jembatan Erasmus


Jembatan Erasmus merupakan salah satu jembatan terkenal di Belanda yang letaknya ada di Rotterdam. Jembatan ini mempunyai panjang 800 meter dan menjadi penghubung antara kawasan Rotterdam Utara dan Selatan. Jembatan ini didesain oleh seorang arsitek yang bernama Ben van Berkel dan secara resmi dibuka oleh Ratu Beatrix pada tahun 1996. Sekarang jembatan ini menjadi landmark dari Rotterdam dan biasanya pengunjung mengambil foto dengan latar belakang jembatan ini.

9. Rumah Kubus Rotterdam


Selain Jembatan Erasmus, ikon lain di Rotterdam yang menjadi tempat wisata adalah Rumah Kubus. Sesuai dengan namanya, rumah bercat warna kuning ini tidak berbentuk seperti rumah pada umumnya melainkan berbentuk kubus. Adapun arsitek yang merancang rumah ini adalah Piet Blom, ia merancang rumah kubus ini pada tahun 1984. Nah, jika Anda penasaran bagaimana di dalam rumah kubus rotterdam, Anda bisa masuk untuk melihat interiornya dengan tiket masuk seharga 3 Euro.

10. Euromast


Euromast juga menjadi ikon dari Kota Rotterdam yang menjadi tujuan wisata, selain Jembatan Erasmus dan Rumah Kubus. Euromast ini merupakan sebuah menara di Rotterdam yang dibangun pada tahun 1960. Awalnya menara ini hanya berketinggian 100 meter, lalu ditambahkan lagi setinggi 85 meter yang selesai pada tahun 1970. Sebagaimana layaknya menara eiffel di Paris, dengan menaiki Euromast hingga puncaknya anda dapat melihat pemandangan Rotterdam dari atas. Dan untuk hal itu pengunjung harus membeli tiket masuk seharga € 9.50.

Tempat Wisata di Den Haag, Belanda

11. Het Binnenhof


Berbeda dengan gedung parlemen di Indonesia, Gedung Parlemen di Den Haag atau yang disebut Binnenhof ini merupakan salah satu tujuan wisata di Belanda. Bangunan yang digunakan sebagai pusat politik Belanda ini mempunyai area terbuka untuk umum sehingga bisa dikunjungi oleh siapa saja. Dan yang menariknya lagi nih pemirsa, katanya jangan kaget jika Anda bertemu dengan Anggota Parlemen yang sedang bersantai di taman atau bersepeda.

12. Noordeinde Palace


Noordeinde Palace sudah menjadi istana kerajaan Belanda sejak tahun 1609 dan kini digunakan oleh Raja Belanda sebagai tempat kerja. Sebenarnya Noordeinde Palace ini tidak terbuka untuk umum, namun pengunjung bisa mengambil foto di depam gedung ini atau mengunjungi tamannya alias Palace Garden.

13. Peace Palace


Peace Palace atau Het Vredespaleis ini merupakan sebuah bangunan yang selesai dibangun pada tahun 1913. Hingga kini, bangunan tersebut masih digunakan oleh Mahkamah Internasional, Pengadilan Arbitrase, Perpustakaan, dan juga oleh Akademi Hukum Internasional Den Haag. Bangunan ini juga tidak terbuka untuk umum namun tersedia paket tour maksimal 20 orang untuk menjelajah tempat ini.

14. Scheveningen


Bagi yang ingin menikmati pantai di Belanda Anda dapat berkunjung ke Schveningen, ini merupakan daerah di Den Haag yang sangat terkenal dengan pantainya. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berjemur, selancar atau sekedar bersantai di bibir pantai. Oh ya, selain aktivitas tadi, di kawasan Schveningen ini juga ada beberapa tempat menarik yaitu SEA LIFE Scheveningen dan Sculptures by the Sea.

15. Madurodam


Tempat wisata di Belanda yang terakhir adalah Madurodam. Ini adalah tempat wisata yang menggambarkan Belanda dengan miniatur lengkap dengan bangunan khas daerah masing-masing, mulai dari kincir angin sampai peace palace ada semuanya di Kota Miniatur Madurodam ini. Bagi pengunjung yang tertarik, untuk masuk ke Madurodam harus membeli tiket masuk seharga € 16,50.

0 Response to "15 Tempat Wisata di Belanda Berdasarkan Kota"

Posting Komentar