Pesona Desa Wisata Alam Kalibiru Jogjakarta Yang Memikat

Desa Wisata Kalibiru merupakan objek wisata alam yang berada di kawasan hutan perbukitan menoreh. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Jogjakarta. Objek wisata Kalibiru ini menawarkan pesona alam yang sangat memanjakan mata, sehingga banyak memikat wisatawan untuk mengunjunginya.

kalibiru jogja

Kawasan hutan yang ditempati Kalibiru merupakan hutan kemasyarakatan yang pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat setempat. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa dahulu Kalibiru merupakan hutan yang tandus akibat dari pembalakan liar, hingga pada akhirnya masyarakat setempat mengelola Kalibiru hingga menjadi hijau kembali.

wisata alam kalibiru
Pemandangan perbukitan menoreh dan waduk sermo dari Kalibiru, Kulon Progo, Jogjakarta

Akibat dari pengelolaan yang baik tersebut, sekarang Kalibiru telah menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan warga sekitar pun menerima manfaatnya. Tempat wisata yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini sekarang telah dilengkapi dengan fasilitas seperti jalur treking, pondok wisata, menara pandang, serta fasilitas outbond.

Salah satu spot yang menarik perhatian pengunjung Kalibiru adalah menara pandang di atas pohon. Dari tempat ini wisatawan bisa melihat pemandangan perbukitan Menoreh yang hijau serta panorama Waduk Sermo dari ketinggian. Selain itu menara pandang ini juga menjadi incaran para wisatawan untuk berfoto.

Harga Tiket Wisata Kalibiru Jogja


Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan dan keasrian wisata alam Kalibiru ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang. Sedangkan untuk bisa berfoto di spot menara pandang tersebut, pengunjung harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang.

Yang Lainnya: