Candi Prambanan, Objek Wisata Situs Warisan Dunia Yang Menarik

Candi Prambanan adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia yang termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping dengan Candi Syiwa sebagai candi terbesarnya. Dengan keanggunan arsitekturnya, Candi Prambanan telah menarik banyak wisatawan dunia untuk berkunjung, bahkan Candi Prambanan kini telah menjadi tujuan wisata yang menarik.

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan diduga kuat dibangun pada abad ke-9 di masa pemerintahan Rakai Pikatan. Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang berangka tahun 778 Saka (856 M). Jumlah candi yang ada di Kompleks Prambanan ini berjumlah 240 yang terdiri dari candi besar dan kecil. Sedangkan candi utamanya adalah Candi Brahma, Candi Syiwa dan Candi Wisnu.

Legenda


Candi Prambanan juga dikenal oleh masyarakat dengan nama Candi Roro Jonggrang, konon berkaitan dengan cerita legenda Bandung Bondowoso. Dalam cerita tersebut dikisahkan bahwa ada seorang pemuda sakti bernama Bandung Bondowoso yang ingin menikahi putri bernama Roro Jonggrang. Untuk itu dia harus membuat seribu candi sebelum ayam berkokok sebagai syaratnya.

Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bondowoso, namun karena Roro Jonggrang tidak mencintainya dia berbuat curang dengan membuat ayam untuk berkokok. Mengetahui hal tersebut, pemuda itu pun marah lalu mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca pelengkap yang keseribu. Arca tersebut dipercayai sebagai arca Durgamahisasuramardhini yang berada di bilik utara Candi Siwa.

Penemuan Candi Prambanan


Bangunan Candi Prambanan yang terbesar, yaitu Candi Syiwa ditemukan oleh C.A. Lons pada tahun 1733. Dengan kondisi tertutup semak belukar dan rusak karena terabaikan selama ratusan tahun. Pemugarannya memakan waktu yang sangat lama hingga menjadi seperti sekarang ini yang dikenal sebagai Candi Hindu paling indah di Indonesia.

Lokasi


Candi Prambanan terletak sekitar 17 Km kearah timur dari kota Yogyakarta atau berada di sisi utara jalan Yogya-Solo, lokasi tepatnya berada di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Kawasan wisata Candi Prambanan ini berada dalam wilayah Kabupaten Sleman sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Kabupaten Klaten.

Berkeliling Candi Prambanan - Harga Tiket


Sama seperti Candi Borobudur, pengunjung dapat menjelajahi Candi Prambanan dengan berjalan kaki sambil menikmati desain dan arsitekturnya yang cantik ditambah hiasan-hiasan relief yang menceritakan tentang Ramayana. Mengenai harga tiket masuk Candi Prambanan ini pengunjung dewasa akan dikenakan tarif Rp. 30.000, sedangkan anak-anak Rp. 12.500. Bagi wisatawan mancanegara harga tiket masuknya adalah USD 18 (Adult) dan USD 9 (Children).