7 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Bisa Dikunjungi

Jawa Tengah yang letaknya berada di tengah-tengah pulau jawa ini memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk bisa anda kunjungi, terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota dengan keadaan alam dan sejarah yang berbeda di setiap daerahnya menjadikan tempat wisata di Jawa Tengah beraneka ragam. Jika dibahas satu persatu tentunya akan menjadi satu halaman yang panjang, untuk itu saya telah merangkumnya menjadi 7 seperti berikut ini.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Jawa Barat Paling Terkenal dan Menarik

1. Borobudur Magelang


Kabupaten Magelang memiliki candi borobudur sebagai candi buddha terbesar di dunia yang masuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO, candi ini dibangun pada abad ke 8 oleh raja Samaratungga dari dinasti Syailendra. Dengan arsitekturnya yang megah dan menawan, candi borobudur menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang populer dan sering dikunjungi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Magelang Jawa Tengah

2. Karimunjawa Jepara


Di Kabupaten Jepara anda bisa menikmati wisata bahari dengan mengunjungi kepulauan karimunjawa yang memiliki daya tarik pantai berpasir putih dan pemandangan bawah lautnya yang mempesona, lokasi pulau ini berada sekitar 45 mil laut dari Kota Jepara sehingga harus menggunakan kapal cepat dari pelabuhan kartini jepara untuk menuju ke Karimunjawa.

Baca Juga: Pesona Wisata Kepulauan Karimun Jawa di Jepara

3. Dieng Plateau Wonosobo


Di Wonosobo ada Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng yang terhampar di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut bagaikan negeri diatas awan, di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan dengan udara yang sangat sejuk, melihat candi-candi kecil, mengunjungi telaga warna, kawah sikidang, atau mengunjungi Dieng Plateau Theater.

4. Baturaden Purwokerto


Di Kota Purwokerto yang menjadi ibu kota Kabupaten Banyumas anda bisa mengunjungi Lokawisata Baturaden yang terletak di lereng gunung slamet, tempat ini memiliki beberapa objek wisata yang bisa anda nikmati seperti air terjun, pemandian air panas, telaga sunyi, camping ground serta lain sebagainya.

5. Lawang Sewu Semarang


Semarang memiliki sebuah gedung tua bersejarah yang bisa anda kunjungi yaitu Lawang Sewu, gedung ini merupakan peninggalan dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang dahulu berfungsi sebagai kantor. Lawang Sewu dalam bahasa Indonesia artinya adalah pintu seribu karena jika dilihat seperti memiliki seribu pintu.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Semarang Yang Bisa Dikunjungi

6. Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal


Tempat wisata di Jawa Tengah selanjutnya kita menuju Tegal, disana terdapat sebuah pemandian air panas yang berada di ketinggian sekitar 1.500 meter diatas permukaan laut dengan udara yang cukup sejuk. Di tempat ini tersedia beberapa pemandian air panas yang dinamakan pancuran 17, 13 dan 5, selain itu ada juga air terjun serta objek wisata menarik lainnya.

7. Gua Jatijajar Kebumen


Kebumen memiliki gua yang cukup ramai dikunjungi saat liburan yaitu Gua Jatijajar, lokasinya terletak di Kecamatan Ayah atau sekitar 21 km dari Gombong. Gua ini telah dilengkapi dengan penerangan dan jalan untuk mempermudah pengunjung menyusuri gua, di dalam gua selain ada stalagmit dan stalagtit juga ada diorama legenda raden kamandaka atau lutung kasarung.