7 Tempat Wisata di Jawa Barat Paling Terkenal dan Menarik

Jawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang letaknya berada di sebelah barat pulau jawa dan ibu kotanya berada di Bandung, provinsi Jawa Barat ini terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota dimana setiap daerahnya memiliki tempat wisata yang menarik, letaknya yang berada tidak jauh dari Ibu Kota membuat Jawa Barat seringkali menjadi tujuan bagi para wisatawan untuk berlibur. Bagi anda yang berencana untuk liburan disana, berikut ini 7 tempat wisata di Jawa Barat paling terkenal dan Menarik.


1. Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang paling terkenal, lokasinya berjarak sekitar 40 menit ke arah selatan Subang atau sekitar 50 menit ke arah utara Bandung. Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan sangat terkenal dengan legenda sangkuriangnya, jika dilihat dari Kota Bandung gunung ini memiliki bentuk seperti perahu terbalik.


2. Kawah Putih


Kawah Putih adalah sebuah danau yang terletak di puncak gunung patuha, lokasinya berada sekitar 50 km dari Bandung di daerah Ciwidey. Kawah ini terbentuk akibat letusan gunung patuha yang terjadi pada abad ke 10 dan kini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang terkenal dan ramai dikunjungi. Sesuai namanya, kawah putih ini memiliki air berwarna hijau dan dikelilingi oleh pasir putih yang sangat menarik dipandang.


3. Taman Safari Indonesia


Jika anda ingin melihat satwa hidup bebas di lingkungan yang mendekati habitat aslinya anda bisa mengunjungi Taman Safari Indonesia yang lokasinya terletak di Cisarua, Puncak Bogor. Taman Safari Bogor ini memiliki ribuan koleksi satwa dari seluruh dunia yang bisa anda lihat, selain itu anda juga bisa berfoto bersama bayi hewan di baby zoo atau menikmati atraksi lainnya yang tersedia.

4. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango


Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango merupakan kawasan cagar alam Biosphere yang telah ditetapkan UNESCO pada 1977, lokasinya terletak di Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Di Taman Nasional ini anda bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang mempesona dengan udara yang sejuk sambil berjalan menuju ke air terjun yang berada di ketinggian.

5. Green Canyon (Cukang Taneuh)


Selain pantai, di Pangandaran anda dapat berkunjung ke Green Canyon yang awalnya disebut dengan Cukang Taneuh, lokasinya terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Pangandaran. Daya tarik objek wisata ini adalah aliran sungai cijulang berwarna hijau yang diapit oleh tebing tinggi dengan stalagtit dan stalagmitnya yang menarik untuk dipandang.

6. Pantai Ujung Genteng


Pantai Ujung Genteng di Sukabumi dapat menjadi tujuan wisata anda berikutnya di Jawa Barat, pantai ini memiliki pasir putih serta air laut yang jernih, tidak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Jawa Barat. Ujung Genteng memiliki garis pantai yang cukup panjang, terdapat beberapa spot pantai yang bisa anda nikmati disana, selain itu disana anda juga bisa melihat penyu yang naik ke pantai untuk bertelur pada malam hari.

7. Curug Cikaso


Masih di sekitar kawasan ujung genteng Sukabumi anda dapat mengunjungi air terjun bernama curug cikaso, air terjun ini cukup tinggi dengan sebuah kolam di bawahnya yang cukup dalam. Untuk menuju ke curug ini anda bisa menggunakan sampan menyusuri sungai atau bisa juga dengan jalan kaki.