5 Wisata Alam di Gunungkidul Yogyakarta

Gunungkidul yang merupakan salah satu kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta ini dapat menjadi tujuan wisata anda ketika berkunjung ke Yogya, karena di Gunungkidul anda bisa menemukan beragam objek wisata alam yang menarik seperti pantai, gua dan juga air terjun. Mau tahu apa saja tempat-tempat tersebut? Berikut informasinya untuk anda.

Baca Juga: 17 Pantai Wisata di Gunungkidul

1. Air Terjun Srigethuk


Air terjun srigethuk lokasinya berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 41 km dari Kota Yogyakarta. Meskipun untuk menuju ke lokasi tidak mudah, tapi air terjun sri gethuk ini merupakan salah satu objek wisata yang sayang untuk anda lewatkan. Tersedia dua pilihan untuk menuju ke air terjun, setelah melewati area hutan kayu putih milik PERHUTANI dan hutan jati anda bisa memilih untuk jalan kaki atau naik rakit melawan arus sungai Oya.

2. Gua Pindul


Gua Pindul lokasinya berada di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Pindul yang merupakan salah satu rangkaian dari 7 gua yang dialiri sungai bawah tanah ini juga menjadi objek wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, di tempat ini para wisatawan akan diajak menelusuri sungai di dalam gua sepanjang 300 meter dengan menggunakan ban atau yang dikenal dengan cave tubing.

3. Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih serta air laut yang jernih ini lebih dikenal dengan nama pantai indrayanti dibandingkan nama sebenarnya yaitu pantai pulang syawal. Pantai ini cukup dikenal oleh masyarakat Yogyakarta dan cukup ramai dikunjungi terutama hari libur.

4. Pantai Baron


Pantai Baron juga tidak kalah ramai dikunjungi para wisatawan, lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 23 km dari Kota Wonosari yang merupakan pusat kota Kabupaten Gunungkidul. Pantai Baron merupakan pantai pertama yang akan anda temui dari beberapa rangkaian pantai Gunungkidul yang berada dalam satu kawasan yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Slili, Pantai Ngandong dan Pantai Sundak.

5. Kalisuci


Kalisuci yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul merupakan kawasan karst dan gua yang berjarak sekitar 20 menit dari Wonosari. Tempat ini merupakan objek wisata alam minat khusus dimana para wisatawan akan diajak menyusuri sungai terbuka dan sungai di dalam gua sepanjang 700 meter dengan menggunakan ban (cave tubing) selama kurang lebih 2 jam.

update terbaru:

6. Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, merupakan sebuah danau atau telaga buatan yang dibangun untuk mengairi area perkebunan yang ada disekitarnya, selain berfungsi sebagai pengairan, danau yang yang berada di atas bukit di wilayah gunung api purba nglanggeran ini juga dijadikan sebagai tempat wisata alam dengan pemandangannya yang sangat mempesona.

0 Response to "5 Wisata Alam di Gunungkidul Yogyakarta"

Posting Komentar