4 Tempat Menarik di Pontianak Yang Bisa Anda Kunjungi

Tidak banyak tempat wisata di Pontianak yang bisa dikunjungi, namun ada beberapa tempat yang mungkin menarik untuk bisa anda nikmati. Pontianak merupakan kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat yang dilalui oleh sebuah garis khatulistiwa, selain itu kota pontianak juga dilalui oleh sungai kapuas dan sungai landak. Bagi anda yang berkunjung ke pontianak, berikut ini informasinya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Singkawang

1. Tugu Khatulistiwa


Tugu Khatulistiwa merupakan tugu yang dibangun untuk menandai titik nol garis khatulistiwa di pontianak, lokasinya berada di jalan khatulistiwa, pontianak utara, tidak jauh dari pusat kota Pontianak. 

Tugu yang menjadi ikon wisata kota Pontianak ini sering dikunjungi oleh wisatawan, hal yang menarik untuk disaksikan disini adalah ketika terjadinya peristiwa kulminasi, yaitu ketika matahari berada tepat diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda di permukaan bumi pada waktu tertentu.

2. Taman Alun Kapuas


Taman Alun Kapuas juga menjadi tempat yang menarik untuk anda kunjungi di Pontianak, lokasinya berada di Jalan Rahadi Usman atau di depan kantor walikota Pontianak. Di sini para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sungai kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. 

Selain itu, di Taman Alun Kapuas juga terdapat replika tugu khatulistiwa dan air mancur, bagi pengunjung yang ingin menyusuri sungai kapuas juga bisa dengan menyewa perahu yang tersedia. Pemandangan disini akan semakin menarik pada malam hari dengan hiasan lampu warna-warni ditambah air mancur yang menari-nari.

3. Rumah Betang Radakng


Rumah Betang Radakng merupakan rumah adat suku dayak di Kalimantan Barat yang memiliki panjang 138 meter, lebar lima meter dan tinggi tujuh meter, dengan kondisi tersebut rumah adat ini dinobatkan sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia bahkan di dunia. 

Rumah adat Betang Radakng yang terletak di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru Pontianak ini hanyalah replika dari rumah adat sesungguhnya yang dibangun sebagai bentuk upaya pengembangan dan pelestarian adat istiadat. Nama Radakng diambil dari bahasa Dayak Kanayatn yang berarti rumah panjang.

4. Museum Negeri Pontianak


Museum Kalimantan Barat atau yang disebut juga Museum Negeri Pontianak dapat menjadi tempat yang tepat untuk anda yang ingin menelusuri sejarah Kota Pontianak, lokasinya berada di jalan jenderal ahmad yani, kota pontianak, kalimantan barat. Museum ini terbagi menjadi tiga ruangan yang terdiri dari ruang pengenalan, ruang budaya dan ruang keramik.

0 Response to "4 Tempat Menarik di Pontianak Yang Bisa Anda Kunjungi"

Posting Komentar