Ragam Pilihan Objek Wisata di Baturaden Purwokerto

Baturaden merupakan tempat wisata alam di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas yang cukup dikenal masyarakat luas, tak jarang banyak warga luar kota di yang memilih Baturaden sebagai pilihan utama liburannya di Purwokerto. Baturaden menawarkan lansekap alam nan hijau yang dihiasi air terjun, ditambah beragam fasilitas permainan yang cukup menyenangkan untuk si kecil, sehingga bisa jadi tempat yang asik dikunjungi bersama keluarga di Purwokerto.
wisata baturaden
Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah
Lokasi wisata Baturraden sangat mudah dijangkau. Dari stasiun kereta api Purwokerto, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum (Angkot) menuju terminal Purwokerto lalu berganti angkot menuju Baturaden atau bisa juga menggunakan taksi, dan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi tentunya akan lebih cepat dan mudah. Sejumlah penginapan dekat Baturaden juga sudah tersedia seperti yang ada di website Traveloka.com atau Booking.com ini.
wisata sepeda air baturaden
Wahana Sepeda Air Baturaden

Lokawisata Baturaden ini sangat luas dan tertata rapi ditambah bonus pemandangan indah lereng Gunung Slamet. Tiket masuk Baruraden juga lumayan terjangkau yaitu 14 ribu rupiah per orang dan sudah mencakup sebagian besar atraksi yang ada di dalamnya. Tetapi  Anda perlu membeli tiket tambahan jika ingin naik pesawat fokker yang didalamnya akan disuguhkan video berdurasi 10-15 menit, kereta mini dan sepeda air.

Selain permainan anak tadi, di area taman Baturaden juga ada Kolam Renang, Air Terjun serta Air Mancur yang menyembur lumayan tinggi. Namun objek-objek itu masih sebagian saja yang dimiliki Baturaden. Untuk itu, supaya kunjungan Anda makin lengkap ada baiknya menjelajah lagi area wisata Baturaden ini karena masih ada beberapa lokasi wisata menarik di Baturaden yang bisa dikunjungi sebagai berikut.

1. Pancuran Telu dan Pancuran Pitu


Pancuran Telu dan Pancuran Pitu adalah dua tempat wisata yang ada di Baturaden, Purwokerto. Lokasinya lumayan cukup jauh jika ditempuh dari Lokawisata.  Pancuran Pitu adalah sumber air panas yang turun langsung dari Gunung Slamet melalui tujuh pancuran. Air hangat yang keluar ini mengandung belerang dan dipercayai dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
Pancuran tujuh Baturaden
Pancuran tujuh Baturaden
Di Pancuran 7 Dan Pancuran 3 ini Anda dapat menikmati pijat belerang. Disana banyak yang menawarkan jasa ini. Dengan tarif seharga 25 ribu rupiah Anda dapat menikmati pijat refleksi belerang dan setelahnya bilas langsung di air pancuran pitu. Jika kurang berminat, Anda dapat berendam selama 15 menit untuk menghilangkan pegal-pegal.

2. Kebun Raya Baturraden


Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas atau sekitar 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden. Inilah Kebun Raya Pertama di Jawa Tengah sekaligus menjadi tempat wisata baru di daerah Purwokerto, Banyumas. Peresmian kebun raya baturaden dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri pada 19 Desember 2015.
wisata Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya Baturaden

Taman Bunga dengan aneka warna akan menyambut wisatawan begitu memasuki gerbang Kebun Raya Baturraden. Lokasi ini pula yang menjadi favorit pengunjung untuk melakukan selfie. Bahkan, kegemaran selfie ini sempat mengakibatkan kerusakan di beberapa taman bunga. Jika Anda ke Baturaden nanti, tidak ada salahnya untuk mencoba menelusuri Kebun Raya Baturraden yang baru diresmikan akhir tahun lalu ini.

3. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi Baturaden Bening
Telaga Sunyi Baturaden Bening

Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang sangat jernih. Air disini juga sangat dingin, bersih, dan bening, sehingga dasar batuannya terlihat sangat jelas. Letaknya yaitu sekitar 3 kilometer dari Lokawisata Baturaden. Sesuai namanya, telaga ini sepi agak jauh dari keramaian, oleh karena itu dinamakan telaga sunyi.

Kuliner Mendoan dan Sate di Baturaden


Setelah berkeliling Baturaden sekarang saatnya untuk beristirahat sambil menikmati santap kuliner yang tersebar di lokasi. Di Baturaden sendiri cukup banyak lapak-lapak penjual makanan, menunya antara lain sate, mendoan, es dawet serta makanan khas Banyumas lainnya. Untuk satenya sendiri ada sate kelinci, namun jika tidak menyukai sate kelinci, tersedia pula sate ayam yang harganya lebih murah dari sate kelinci.

0 Response to "Ragam Pilihan Objek Wisata di Baturaden Purwokerto"

Posting Komentar