3 Objek Wisata di Gunung Rinjani Lombok dan Sekitarnya

Pesona alam Lombok begitu memikat banyak orang, tak heran jika banyak wisatawan dari seluruh dunia yang datang ke Lombok untuk menikmati masa liburnya. Selain pantai-pantai nan eksotis, Lombok juga mempunyai banyak tempat wisata menarik seperti air terjun dan desa adat sade. Namun itu hanya sebagian saja yang bisa wisatawan nikmati di Lombok, masih ada Gunung Rinjani yang tak kalah indahnya untuk dijelajahi.

Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung di Indonesia yang letaknya ada di Lombok, gunung ini mempunyai ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggiannya itu Gunung Rinjani menjadi gunung tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mendaki Gunung Rinjani merupakan tujuan utama banyak pecinta alam yang datang, mencapai puncaknya tentulah menjadi kebanggan tersendiri.


Ada beberapa objek wisata yang bisa dinikmati ketika mendatangi Gunung Rinjani, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak Gunung Rinjani Lombok
Danau Segara Anak Gunung Rinjani Lombok

Danau Segara Anak merupakan objek wisata utama di Gunung Rinjani, keindahannya mampu memikat wisatawan asing untuk berkunjung. Danau ini berada di ketinggian 2.010 meter di atas permukaan laut, kedalamannya sekitar 230 dan jika dilihat dari atas mempunyai bentuk seperti bulan sabit. Untuk menuju ke Danau Segara Anak dibutuhkan waktu pendakian 7-10 jam. Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan luas dan datar yang dapat digunakan  sebagai tempat berkemah, selain itu pendaki juga bisa berendam di air panas yang mengandung belerang.

2. Desa Adat Senaru dan Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Desa Senaru merupakan desa di Kecamatan Bayan, Lombok Utara, yang menjadi salah satu pintu gerbang pendakian menuju Puncak Rinjani. Tetapi banyak juga yang sengaja datang ke desa ini untuk menikmati pesona alam dan budaya di sekitar. Desa Senaru sendiri adalah desa wisata yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Di sini wisatawan bisa berwisata budaya dengan mengunjungi kampung tradisional Senaru yang masih mempertahankan keasliannya. Selain Desa Tradisional, Senaru juga mempunyai objek wisata lain yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

3. Air Terjun Jeruk Manis


Air Terjun Jeruk Manis Lombok
Air Terjun Jeruk Manis Lombok
Air Terjun Jeruk Manis berada di sebelah selatan Kawasan Taman Nasional Rinjani tepatnya di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Air Terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dan sering disebut dengan Air Terjun Jukut atau juga dikenal oleh penduduk lokal sebagai Aik Temer. Menuju ke lokasi Jeruk Manis dapat menggunakan motor dan sesampainya di pintu gerbang perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 1,5 km.

0 Response to "3 Objek Wisata di Gunung Rinjani Lombok dan Sekitarnya"

Posting Komentar