Dieng, Tempat Wisata Favorit di Wonosobo

Dieng merupakan tempat wisata di Wonosobo tervaforit yang cukup banyak dikunjungi wisatawan, bukan karena alamnya saja yang indah tetapi juga banyaknya objek wisata di Kawasan Dieng yang dapat dikunjungi. Wisatawan bisa menjelajahi kawasan wisata Dieng mulai dari Komplek Candi Arjuna sampai Puncak Sikunir yang terkenal dengan Golden Sunrise. Selain itu, ada juga kawah belerang dan wisata kuliner dengan mencicipi nikmatnya mie ongklok khas Wonosobo.
Dieng Wonosobo
Welcome To Dieng Wonosobo

Kawasan Dieng semula merupakan Gunung Berapi yang meletus dengan dahsyat, sekarang puncak gunung terlempar, tinggallah sekarang suatu dataran yang terletak di puncak gunung yang lebih dikenal dengan sebutan "DIENG PLATEU". Dieng memiliki Ketinggian rata-rata sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Namun wilayah Dieng yang paling luas milik Kabupaten Banjarnegara.

Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik yang masih aktif hingga sekarang. Hal ini membuat Dieng memiliki banyak kawah-kawah yang masih menunjukkan aktifitasnya. Beberapa kawah di dieng tersebut antara lain sebagai berikut.

Wisata Kawah di Dieng


1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo
Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang adalah kawah vulkanik dengan lubang kepundan berada di daerah dataran sehingga kawah dapat disaksikan langsung dari bibir kawah. Sampai saat ini kawah Sikidang masih aktif mengeluarkan uap panas sehingga air kawah mendidih dan bergejolak. Uap panas yang keluar disertai semburan air yang mendidih berwarna kelabu selalu muncul berpindah-pindah dan berlompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain seperti seekor Kijang, sehingga dinamai kawah Sikidang. Kawah ini adalah salah satu yang paling populer dikunjungi wisatawan di Dieng karena paling mudah dicapai.

2. Kawah Sileri

Kawah Sileri Dieng
Kawah Sileri Dieng

Kawah Sileri merupakan kawah  terluas di kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng dan termasuk yang cukup aktif dengan permukaan airnya yang terus-menerus mengepulkan asap putih dan menunjukkan gejala vulkanis. Kawah Sileri berwarna kelabu kental seperti leri, sehingga dinamakan kawah Sileri. Kawah ini dikelilingi perbukitan hijau dan perkebunan warga yang terhampar luas, cukup memanjakan mata.

Kawah tersebut hanyalah dua dari beberapa kawah yang ada di Dieng. Selain itu masih banyak kawah lainnya seperti kawah candradimuka, sibanteng, sinila dan masih banyak lagi. Nah, selain kawah-kawah tadi ada juga objek wisata Dieng lain yang menarik untuk dikunjungi yakni sebagai berikut.

Tempat Wisata di Dieng Wonosobo


1. Batu Ratapan Angin

Telaga Warna Dieng dari Batu Ratapan Angin
Telaga Warna Dieng dari Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Dieng, dari sini para pengunjung bisa memandang indahnya telaga warna dan telaga pengilon dari atas. Lokasi Batu Ratapan Angin atau batu pandang Dieng ini terletak tidak jauh dari gedung Dieng Plateau Theater,cukup berjalan kaki kurang lebih sepuluh menit dari tempat parkir di gedung ini sampailah pengunjung ke area Batu Ratapan Angin.

2. Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna Dieng
Komplek Candi Arjuna Dieng

Seperti yang sudah saya sebutkan pada awal tulisan tadi, salah satu tempat wisata di Dieng adalah Komplek Candi Arjuna. Ini adalah sebuah komplek candi terbesar yang letaknya ada di Dieng. Di kompleks ini terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Bagi yang tertarik mengunjungi komplek candi Arjuna di Dieng, letaknya ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

3. Puncak Sikunir

Sunrise Sikunir Dieng
Sunrise Sikunir Dieng

Puncak Sikunir merupakan tempat wisata favorit para traveler di Dieng. Dari sikunir inilah kita bisa melihat golden sunrise yang terkenal, serta pemandangan tujuh puncak gunung di Jawa Tengah, yakni Sindoro, Merapi, Merbabu, Lawu, Telomoyo, Ungaran, dan Prau. Untuk menikmati Cahaya pagi Sikunir, pendaki setidaknya harus sudah memulai perjalanan sekitar pukul 03.00-04.00 WIB. Desa Sembungan adalah desa terakhir sebelum mencapai puncak Sikunir.

Wisata Kuliner Mie Ongklok Khas Wonosobo

Mie Ongklok Khas Wonosobo
Mie Ongklok Khas Wonosobo

Setelah berkeliling, sekarang saatnya wisatawan melengkapi wisata Dieng dengan mencicipi kuliner khas Wonosobo yaitu Mie Ongklok. Mengapa disebut Mie Ongklok? Karena mie ini dimasak dengan cara dicelup – celupkan kedalam air mendidih dengan menggunakan ongklok yaitu semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk merebus mie. Mie rebus ini dimasak dengan racikan kol dan daun kucai. Mie ongklok memiliki kuah kental yang terbuat dari tepung kanji. Sajian ini biasa dinikmati dengan sate atau tempe kemul.

Dieng Culture Festival 2016


Bila wisatawan datang ke Dieng pada 5-7 Agustus 2016, kalian bisa melihat festival kebudayaan yang setiap tahun digelar di Dieng yaitu Dieng Culture Festival dan pada 2016 acara ini akan digelar pada tanggal tersebut. Rangkaian kegiatan dan penampilan pertunjukkan musik akan digelar di DCF yang ke tujuh ini selain itu juga akan ada ritual cukur rambut gimbal anak-anak Dieng. Tapi untuk bisa mengikuti rangkaian kegiatan ini kalian harus membeli tiket dulu seharga Rp. 250.000 disini(tiket.dieng.id).

0 Response to "Dieng, Tempat Wisata Favorit di Wonosobo"

Posting Komentar