Pantai Pulau Merah, Wisata Banyuwangi yang Mempesona

Pulau Merah merupakan nama sebuah bukit setinggi 200 meter yang berada di hadapan pantai di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Keberadaan bukit yang menyerupai pulau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sekaligus membuat nama pantai di Banyuwangi ini menjadi Pantai Pulau Merah. Selain keberadaan Pulau Merah, bermain di pinggiran pantai juga cukup mengasyikan sambil memandangi pemandangan indah yang memanjakan mata.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah memiliki garis pantai yang cukup panjang, jika kita melihat di kanan dan kirinya terlihat pemandangan perbukitan yang cukup bagus. Gulungan ombak di Pantai Pulau Merah bisa mencapai tinggi 3-4 meter, sehingga bisa menjadi tujuan peselancar baik itu pemula, amatir maupun profesional. Bahkan pantai pulau merah ini pernah menyelenggarakan kompetisi surfing internasional yang diikuti oleh 20 negara pada tahun 2015.
surfing pulau merah banyuwangi
Peserta Kompetisi Surfing pulau Merah Banyuwangi

Dengan diadakannya kompetisi surfing internasional yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Pantai Pulau Merah ini semakin dikenal dan wisatawan mancanegara pun mulai berdatangan. Maka tak heran banyak yang menyebut pantai pulau merah ini seperti Pantai Kuta. Fasilitas yang tersedia di Pulau Merah cukup memadai, ada jasa sewa payung untuk berlindung dari teriknya matahari, warung makan dan tempat penyewaan papan selancar.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Selain bermain selancar, Pantai Pulau Merah cocok sekali untuk menikmati sunset. Datanglah pada sore hari ketika mentari akan kembali ke peraduan, lingkaran matahari berwarna orange akan berangsur-angsur terbenam dan langit pun semakin gelap. Desir angin dan suara deburan ombak menambah syahdu suasana menikmati sunset di Pantai Pulau Merah.
pantai pulau merah Banyuwangi
Sudut lain pantai pulau merah Banyuwangi

Di sekitar Pantai Pulau Merah terdapat Pura Tawang Alun yang telah berdiri sejak 1980, Pura umat Hindu ini kabarnya sering dikunjungi umat Hindu dari Bromo dan Bali. Saat tsunami terjadi tahun 1994, bagian luar pura ini hancur namun bagian dalam pura yang bernama pelinggih padmasana tidak mengalami kerusakan berarti.

Dari Ringin Pitu Menjadi Pulau Merah


Oh ya, sebelum dikenal dengan nama Pulau Merah, pantai ini dahulu bernama Pantai Ringin Pitu. Ada dua versi yang mendasari pergantian nama ringin pitu menjadi pulau merah. Pertama karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan. Kedua karena konon dari Pulau Merah yang ada di hadapan pantainya itu dulunya pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah.

Jalan Menuju Ke Pantai Pulau Merah


Bagi kalian yang mau mengunjungi Pantai Pulau Merah bisa menuju ke Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, dengan jarak 70 kilometer dari Kota Banyuwangi. Jika kalian menggunakan kendaraan pribadi waktu tempuhnya berkisar 2,5 jam untuk menuju ke Pantai Pulau Merah. Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan angkutan umum dari terminal Banyuwangi dengan jurusan Pesanggaran lalu dilanjutkan dengan naik ojek. Bagi yang datang dari arah Jember bisa turun di terminal Jajag dan lanjutkan dengan kendaraan umum jurusan Pesanggaran.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Pantai Pulau Merah adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat layak kalian kunjungi. Pantai ini begitu memikat, ditambah berbagai aktivitas liburan seru buat traveler. Berwisata ke Pantai Pulau Merah beramai-ramai bersama teman serta keluarga tentunya akan lebih seru dan menyenangkan, namun tetap jaga kebersihan dan kenyamanan Pulau Merah ini supaya selalu nyaman dikunjungi kembali.

0 Response to "Pantai Pulau Merah, Wisata Banyuwangi yang Mempesona"

Posting Komentar