Pantai Pink, Tujuan Wisata Indah dan Populer di Lombok

Lombok adalah sebuah pulau di Indonesia yang menjadi tujuan wisata para turis luar negeri selain Bali. Pulau ini luasnya 4.725 km² dan sebagian besar dikelilingi lautan, oleh karena itu tidak mengherankan jika Lombok mempunyai banyak pantai yang bisa dijelajahi mulai dari pantai berpasir hitam, putih dan bahkan ada juga pantai yang berpasir pink atau merah muda yang disebut dengan Pantai Pink Lombok.

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink atau Pantai Tangsi Lombok

Pantai Pink di era sekarang ini sudah sangat terkenal dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh para traveler yang berkunjung ke Lombok. Namun sebelum nama pantai pink sangat terkenal, pantai ini disebut oleh masyarakat lokal dengan nama Pantai Tangsi. Kedua nama yang menjadi milik pantai ini bukanlah tanpa alasan tetapi memiliki arti masing-masing.

Warna Pasir Merah Muda Pantai Pink


Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Adapun disebut pantai pink karena sudah jelas. Sebenarnya pantai ini memiliki pasir berwarna putih, namun jika terkena air laut, dan sinar matahari sore atau pagi, butiran-butiran pasir halusnya berubah warna menjadi merah muda atau yang lebih populer dengan sebutan Pink. Warna merah muda yang dimiliki pantai pink berasal dari serpihan pecahan terumbu karang warna merah yang banyak terdapat di pantai ini.

Sedangkan arti dari Tangsi sendiri menurut kamus Bahasa Indonesia berarti Barak atau Markas. Kenapa demikian? Karena pada masa perang dunia ke-dua, kabarnya Pantai Pink menjadi barak atau markas tentara Jepang, hal ini bisa kita lihat dari goa peninggalan Jepang yang masih ada di dekat pantai.

Lokasi dan Cara Menuju ke Pantai Pink

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok

Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai Pantai Pink, wisatawan dapat melewati rute dari Kota Mataram ke Tanjung Ringgit karena letaknya berdekatan sekitar 1 km. Karena fasilitas yang terbatas sebaiknya pengunjung menyewa kendaraan, atau dengan cara lain yaitu dengan menyewa perahu dari Tanjung Luar. Dengan jalur laut ini wisatawan tidak hanya mengunjungi Pantai Pink saja tetapi juga pulau-pulau kecil di sekitar Pantai Pink.

0 Response to "Pantai Pink, Tujuan Wisata Indah dan Populer di Lombok"

Posting Komentar