Objek Wisata Pura Uluwatu Bali dan Sejarahnya

Pura Uluwatu merupakan salah satu dari enam Pura Sad Kahyangan yang dianggap sebagai pilar spiritual Pulau Bali, letaknya berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Pura ini berdiri megah di ujung barat daya bali, menempati tebing tinggi yang menjorok ke laut dengan ketinggian 97 meter di atas permukaan laut.

Wisata Pura Uluwatu


Letak pura yang berada di tebing tinggi ini membuat pura uluwatu memiliki pemandangan yang luar biasa memanjakan mata, pengunjung yang datang tidak hanya disuguhkan suasana religius tetapi juga panorama alam yang indah. Tepat di bawah pura ini terdapat pantai pecatu yang ombaknya memikat para peselancar dari seluruh dunia.
pura uluwatu
Pura Uluwatu Bali

Panorama alam yang disuguhkan pura uluwatu semakin memanjakan mata pengunjung pada saat matahari tenggelam, pengunjung dapat menikmati sunset yang juga menjadi sajian utama di Pura Uluwatu, dan setelahnya jangan lewatkan untuk menyaksikan pagelaran tari kecak yang dipentaskan di panggung terbuka.
Kecak Uluwatu

Tari Kecak Pura Uluwatu merupakan tarian seni khas Bali yang umumnya dimainkan oleh laki-laki berjumlah 50-100 orang. Penari kecak akan duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih. Tari kecak umumnya menceritakan kisah Ramayana, yaitu saat Dewi Shinta diculik oleh raksasa Rahwana. Pertunjukan ini diadakan setiap jam 18.00 WITA sampai dengan jam 19.00 WITA.

Sejarah Pura Uluwatu


Belum ada informasi yang jelas mengenai kapan Pura Uluwatu dibangun, namun ada pendapat yang mengatakan bahwa pura ini didirikan oleh Empu Kuturan pada masa pemerintahan Marakata. Sedangkan Pendapat lain mengaitkan pembangunan Pura Uluwatu dengan Dang Hyang Nirartha atau yang dikenal juga dengan Danghyang Dwijendra.

Dang Hyang Nirartha merupakan seorang pedanda asal Kediri yang datang ke Bali untuk melakukan tugas dharmayatra sebagai salah satu syarat kawikon yang akan diterimanya. Beliau melakukan perjalanan spiritual berkeliling Pulau Bali dan mengakhiri perjalanan sucinya tersebut dengan apa yang dinamakan Moksa di Pura Uluwatu ini.

0 Response to "Objek Wisata Pura Uluwatu Bali dan Sejarahnya"

Posting Komentar