Wisata Alam Kebun Raya Cibodas Yang Menarik

Kebun Raya Cibodas merupakan sebuah taman luas yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan, letaknya berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut sehingga membuat tempat ini memiliki suhu udara yang sejuk serta pemandangan yang mempesona, maka tak heran jika Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup diminati masyarakat.

Baca Juga: Wisata Air Terjun Curug Cibeureum Cibodas

Sekilas Kebun Raya Cibodas


Kebun Raya Cibodas didirikan pada 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann dengan nama awal Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas), awalnya dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi tumbuhan asal luar negeri yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti pohon kina, namun seiring berjalannya waktu akhirnya berkembang menjadi Kebun Raya Cibodas seperti sekarang.

Baca Juga: 4 Tempat Menarik di Kebun Raya Cibodas

Wisata Kebun Raya Cibodas


Selain menjadi tempat konservasi tumbuhan, Kebun Raya Cibodas juga menjadi salah satu objek wisata yang diminati wisatawan, tidak hanya sering dikunjungi warga Cianjur dan Bogor, tetapi juga wisatawan dari luar kota seperti Jakarta yang ingin menghabiskan liburannya di tempat yang sejuk dan asri.

Kebun Raya Cibodas memiliki ribuan koleksi tumbuhan hidup yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu indoor dan outdoor, adapun koleksi tumbuhan yang ada di indoor adalah kaktus, anggrek, sukulen, sedangkan di outdoor ada rhododendron, lumut, paku-pakuan, taman sakura, serta lain sebagainya.

Khusus taman sakura memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena selain di Kebun Raya Cibodas anda hanya bisa melihatnya di Jepang. Namun bunga sakura ini hanya mekar dua kali dalam setahun dan bertahan hanya 4 hari saja, menurut sumber mekarnya sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Selain melihat pemandangan serta koleksi tumbuhan yang ada di Kebun Raya Cibodas, anda juga bisa menikmati segarnya air terjun yang bernama curug ciismun, curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Lokasi Kebun Raya Cibodas


Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango, lokasi tepatnya berada di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuji kesini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Harga Tiket Kebun Raya Cibodas


Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 9.500/orang, sedangkan untuk motor Rp. 5000 dan untuk mobil Rp. 16.000, harga tersebut berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Di sini kendaraan anda bisa dibawa masuk untuk berkeliling kebun raya, namun pada hari sabtu, minggu dan libur nasional kendaraan anda tidak bisa dibawa masuk.