Gunung Galunggung Tasikmalaya Yang Menarik

Gunung Galunggung adalah sebuah gunung berapi aktif tipe strato yang memiliki ketinggian 2.168 meter di atas permukaan laut, lokasinya terletak di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya atau berjarak sekitar 17 km dari pusat kota.

Sejarah Letusan Gunung Galunggung


Gunung Galunggung pernah meletus pada 5 April 1982 dengan disertai suara dentuman, pijaran api dan kilatan halilintar. Kegiatan erupsi tersebut berlangsung selama 9 bulan dengan 3 fase tipe erupsi dan berakhir pada 8 Januari 1983. Letusan tersebut menimbulkan ribuan korban jiwa serta menyebabkan pesawat British Airways mendarat darurat karena salah satu mesinnya mati akibat kemasukan abu.

Wisata Gunung Galunggung


Setelah letusan yang terjadi puluhan tahun silam tersebut, kini Gunung Galunggung menjadi sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Di Gunung Galunggung pengunjung bisa menikmati panorama alam yang asri serta pemandangan kawah luas dengan danaunya yang berwarna hijau.

Untuk menikmati pemandangan kawah Gunung Galunggung tersebut, pengunjung tidak perlu bersusah payah mendaki karena telah disediakan tangga permanen dengan jumlah anak tangga sebanyak 620 buah. Jika kurang puas, pengunjung bisa turun ke kawah untuk melihat langsung danau tersebut.

Setelah puas menikmati pemandangan kawah Gunung Galunggung, pengunjung bisa menyegarkan diri di pemandian air panas cipanas galunggung yang masih berada di sekitar lokasi.