Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Mentawai adalah nama sebuah kepulauan yang juga menjadi nama sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau yang membentuk kepulauan mentawai yakni pulau sipora, pulau pagai utara, pulau pagai selatan dan pulau siberut yang semuanya berada di lepas pantai Sumatera Barat dan dikelilingi oleh Samudera Hindia.

Kepulauan Mentawai juga merupakan rangkaian pulau non vulkanik yang gugusan kepulauannya merupakan puncak dari punggung pegunungan bawah laut, posisinya yang berada di tengah Samudera Hindia membuatnya memiliki pemandangan laut yang mempesona untuk wisata bahari, terutama ombaknya yang bagus untuk berselancar.

Objek Wisata di Pulau Mentawai


Kepulauan Mentawai memiliki puluhan bahkan ratusan titik surfing yang tersebar di setiap pulaunya yang menjadi incaran para peselancar dunia, salah satunya adalah Bank Vaults, salah satu jenis ombak yang menjadi tantangan tersendiri bagi para surfer, titik surfing ini lokasinya berada di Pulau Nyang Nyang, Kecamatan Siberut Barat Daya.

Selain pantai dan berselancar, Kepulauan Mentawai juga memiliki objek wisata lainnya yaitu trekking ke pedalaman hutan tropis yang masih asri dan alami atau melihat lebih dekat kehidupan masyarakat Mentawai yang masih tradisional dan memegang teguh adat budaya serta tradisi mereka yang masih asli.

Tidak hanya itu saja, di Kepulauan Mentawai anda juga bisa mengunjungi air terjun dua tingkat yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter yaitu air terjun Kulu Kubuk, lokasinya berada di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Transportasi Ke Mentawai


Bagi anda yang ingin berkunjung ke Mentawai anda bisa berangkat dari Pelabuhan Teluk Bungus atau Pelabuhan Muara di Padang dengan menggunakan kapal, ada empat kapal yang akan melayani anda menuju Mentawai yaitu kapal Feri Ambu Ambu, kapal Feri Gambolo, kapal Sumber Rezeki, serta MV Mentawai Fast.