4 Tempat Wisata di Jombang Yang Bisa Dikunjungi

Jombang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang luasnya 1.159,50 kilometer persegi, daerah ini dilalui dua sungai yaitu sungai Brantas dan Sungai Konto. Kabupaten Jombang juga dikenal dengan sebutan kota santri karena banyaknya sekolah pendidikan islam (pondok pesantren) yang ada disini. Bagi anda yang memiliki rencana berkunjung ke Jombang, berikut ada beberapa tempat wisata di Jombang yang bisa anda kunjungi.

1. Kedung Cinet


Kedung Cinet merupakan salah satu tempat wisata alam di Jombang yang lokasinya berada di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang atau sekitar 10 km dari jembatan Brantas Ploso. Kedung ini disebut-sebut sebagai miniaturnya Green Canyon dan konon katanya juga pernah menjadi tempat pemandian prajurit majapahit.

2. Air Terjun Tretes


Air Terjun Tretes lokasinya terletak di Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang atau sekitar 40 km arah tenggara dari pusat kota. Air terjun ini berada di ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut dan tingginya mencapai 158 meter. Dengan tingginya tersebut, air terjun tretes menjadi air terjun tertinggi di Jawa Timur.

3. Candi Rimbi


Candi Rimbi merupakan candi bercorak hindu yang terletak di kaki gunung Anjasmoro, tepatnya berada di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Candi ini diduga dibangun pada pertengahan abad ke-14, sebagai penghormatan kepada Tribhuwana Tunggadewi Jayawisnuwardhani yang memerintah Majapahit pada tahun 1329-1350.

4. Goa Sigolo Golo


Goa Sigolo Golo lokasinya terletak di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Menurut cerita yang beredar, goa ini dulunya merupakan tempat bertapa patih mauduro yang merupakan ayah kandung damar wulan dari kerajaan majapahit. Selain goa, disini wisatawan juga bisa menikmati aliran sungai boro yang merupakan jalur perlintasan boro rafting.

0 Response to "4 Tempat Wisata di Jombang Yang Bisa Dikunjungi"

Posting Komentar