7 Tempat Wisata di Ternate Yang Bisa Dikunjungi

Ternate merupakan sebuah kota yang kaya akan rempah rempah terutama cengkeh, kota ini letaknya berada di kaki Gunung Gamalama di pulau yang bernama sama dengan kotanya yaitu Pulau Ternate. Dahulu Kota Ternate merupakan ibu kota dari Provinsi Maluku Utara sebelum dipindahkan ke Sofifi di Pulau Halmahera. Meskipun Kota Ternate tidak luas, tapi ada beberapa tempat wisata di Ternate yang bisa dikunjungi seperti wisata alam maupun wisata sejarah.

Berikut adalah 7 tempat wisata di Ternate yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Sulamadaha dan Hol Sulamadaha


Pantai Sulamadaha merupakan pantai berpasir hitam yang terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 15 km dari Kota Ternate. Pantai yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri ini cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan, selain itu di sebelah pantai sulamadaha terdapat sebuah teluk atau hol dengan airnya yang bening dimana anda bisa langsung melihat koral yang ada di bawahnya.

2. Batu Angus


Batu Angus merupakan tumpukan sisa lahar letusan Gunung Gamalama yang telah berubah menjadi batu yang tampilannya tampak seperti batu hangus terbakar, letaknya berada pinggir jalan raya Ternate sekitar 10 km dari Kota Ternate. Selain menyajikan lahar yang telah menjadi batu, dari tempat ini wisatawan juga dapat melihat puncak Gunung Gamalama serta birunya laut Ternate.

3. Danau Laguna


Danau Laguna merupakan salah satu danau di Ternate yang terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, karena berada di Desa Ngade maka Danau Laguna ini juga sering disebut sebagai Danau Ngade. Danau Laguna ini sangat mempesona jika dilihat dari ketinggian, wisatawan akan melihat pemandangan danau laguna dengan latar belakang Pulau Maitara dan Pulau Tidore.

4. Danau Tolire


Satu lagi danau di Ternate yang harus anda kunjungi yaitu Danau Tolire yang letaknya berada di kaki Gunung Gamalama. Danau Tolire merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Gamalama, danau ini terdiri dari dua buah yaitu danau tolire besar dan danau tolire kecil, letak keduanya berada tidak jauh hanya sekitar 200 meter. Tempat ini juga cukup populer di Ternate.

5. Benteng Toloko


Benteng Tolucco atau Toloko merupakan benteng peninggalan sejarah yang dibangun Portugis pada 1512 dan di restorasi Belanda pada 1610, lokasinya terletak di Kelurahan Sangaji, Kecamatan Kpta Ternate Utara. Benteng ini merupakan satu dari beberapa benteng yang ada di Ternate dan punya banyak sebutan, selain Tolucco benteng ini juga sering disebut Benteng Holandia atau Santo Lucas.

6. Benteng Kalamata


Benteng Kalamata juga merupakan benteng peninggalan Portugis yang kini menjadi objek wisata sejarah di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan. Benteng ini juga punya banyak nama, selain Benteng Kalamata, Benteng ini juga disebut sebagai Benteng Kayu Merah atau Benteng Santa Lucia. Selain dua benteng tersebut ada lagi benteng yang bisa dikunjungi seperti Benteng Oranje dan Benteng Kastela.

7. Pantai Tobololo


Pantai Tobololo merupakan pantai berpasir putih yang ada di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 20 menit dari pusat kota. Selain menawarkan pantai berpasir putih, di pantai tablolo juga terdapat sumber air panas yang letaknya tidak banyak diketahui wisatawan, saat air laut surut para wiaatawan dapat melihat karang yang mencuat ke permukaan sejauh puluhan meter.

0 Response to "7 Tempat Wisata di Ternate Yang Bisa Dikunjungi"

Posting Komentar