6 Tempat Wisata di Banjarnegara Yang Bisa dikunjungi

Kabupaten Banjarnegara yang terletak di provinsi jawa tengah punya banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi, ada beragam tempat wisata yang bisa anda pilih di Banjarnegara seperti wisata air terjun, taman margasatwa dan tempat wisata lainnya di Banjarnegara. Bagi anda yang berkunjung ke Banjarnegara pastilah kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisatanya, berikut ini tempat wisata di Banjarnegara yang bisa anda kunjungi.

1. Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateu)


Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateu) merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di wilayah Banjarnegara dan juga Wonosobo, sehingga tempat wisata ini bukan hanya milik Wonosobo tetapi juga milik Banjarnegara. Kawasan Dieng yang termasuk dalam wilayah Wonosobo adalah Dieng Wetan sedangkan yang termasuk dalam wilayah Banjarnegara adalah Dieng Wetan.

2. Curug Sirawe


Di sebelah barat Dieng dan tidak jauh dari kawasan wisata dieng terdapat sebuah curug bernama Curug Sirawe, lokasinya berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, namun ada juga informasi mengatakan kalau curug ini sudah masuk wilayah batang. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan cukup unik karena air panas dan dingin menjadi satu.

3. Curug Pitu


Curug Pitu merupakan nama air terjun yang berada di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Air terjun ini memiliki tujuh buah curug dengan ketinggian yang berbeda mulai dari tingkat atas sampai bawah, oleh karena itu air terjun ini dinamakan curug pitu, bagi pengunjung yang ingin melihat curug satu tingkat diatasnya bisa menapaki anak tangga yang telah disediakan.

4. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas


Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TMRS) adalah tempat wisata di Banjarnegara yang awalnya dikenal dengan nama Selamanik karena disekitar lokasi terdapat objek wisata religi berupa makam Ki Ageng Selamanik, lokasi kebun binatang di Banjarnegara ini letaknya berada di pusat kota sehingga sangat mudah diakses para wisatawan. Selain kebun binatang, di taman margasatwa serulingmas juga terdapat kolam renang dan arena permainan anak.

5. Curug Genting, Curug Mrawu dan Mata Air Panas Giri Tirta


Desa Giri Tirta di Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara memiliki tiga objek wisata yang bisa anda kunjungi yaitu curug genting yang memiliki ketinggian 70 meter, curug mrawu dengan ketinggian 50 meter dan juga sumber air panas. Ke-tiga objek wisata di Banjarnegara tersebut letaknya tidak berjauhan, dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati jalan setapak membelah ladang sayur dan sawah.

6. Curug Sikopel


Tempat wisata di Banjarnegara selanjutnya adalah Curug Sikopel yang berada di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan kolam yang cukup dalam dibawahnya. Curug ini dapat dicapai dengan berjalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

0 Response to "6 Tempat Wisata di Banjarnegara Yang Bisa dikunjungi"

Posting Komentar