5 Air Terjun Wisata di Majalengka Yang Bisa Dikunjungi

Majalengka adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat yang ibu kotanya berada di Kecamatan Majalengka, daerah ini berjarak sekitar 91 km dari Bandung dan berbatasan dengan Indramayu, Cirebon, Sumedang, Kuningan serta Tasikmalaya. 

Kabupaten Majalengka tidak punya laut, tetapi Majalengka punya banyak wisata air seperti curug/air terjun, situ dan sebagainya. Dari semua tempat wisata tersebut saya hanya membahas air terjun saja yang mungkin cukup menarik untuk dikunjungi, air terjun tersebut adalah sebagai berikut.

1. Curug Muara Jaya


Tempat wisata di Majalengka yang bisa anda kunjungi adalah wisata alam air terjun yang dinamakan Curug Muara Jaya atau Curug Apuy, lokasinya berada di Dusun Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.Curug ini merupakan curug bertingkat dengan total tingginya mencapai 73 meter, untuk menuju ke curug ini anda harus berjalan kaki sekitar 300 m melalui jalan setapak berupa paping blok.

2. Curug Sawer


Berada tidak jauh dari curug muara jaya, tepatnya di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka terdapat sebuah air terjun bernama curug sawer. Dibandingkan Curug Muara Jaya, curug sawer ini jarang dikunjungi karena letaknya yang cukup tersembunyi dan fasilitas penunjang yang kurang mendukung, tetapi bagi anda pecinta wisata alam dan petualangan anda bisa mencoba berkunjung ke curug ini.

3. Curug Tonjong


Curug Tonjong terletak di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, sekitar 20 km dari pusat kota, curug ini tidak terlalu tinggi seperti curug lainnya yang ada di Majalengka tetapi pemandangan alam disekitar curug ini tidak kalah asri dan alami. Menurut informasi, curug ini pernah ditutup karena alasan pengelolaan yang tidak profesional namun kabarnya sekarang telah dibuka kembali untuk umum.

4. Curug Cibali


Curug Cibali/Air Terjun Cibali adalah salah satu potensi pariwisata di Majalengka yang belum dikelola dengan baik, hal ini dikarenakan fasilitas dan angkutan umum yang menuju ke curug ini belum ada. Curug Cibali lokasinya berada di Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka.

5. Curug Sempong


Curug Sempong berada tidak jauh dari pusat Kota Majalengka tepatnya berada di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka. Untuk menuju ke lokasi curug sempong anda bisa mengikuti rute menuju ke tempat area paralayang gunung panten Majalengka setelah itu berjalan kaki sekitar 15-20 menit melewati sawah dan kebun milik warga.

Selain 5 air terjun tersebut, Majalengka masih punya lagi air terjun yang bisa dikunjungi seperti curug cipeuteuy, curug cilutung, air terjun pelangi dan masih banyak lagi yang mungkin belum terekspos.

0 Response to "5 Air Terjun Wisata di Majalengka Yang Bisa Dikunjungi"

Posting Komentar