8 Macam Kuliner Tradisional Khas Bogor

Selain mempunyai tempat wisata yang menarik, Bogor juga mempunyai banyak tempat makan enak yang wajib di coba. Namun bagi pecinta kuliner tradisional, mengunjungi Kota Bogor tentu belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Nah bagi yang belum tahu apa saja makanan tradisional khas Bogor berikut ini adalah 10 makanan khas Bogor.

1. Toge Goreng


Toge Goreng adalah makanan khas Bogor yang dibuat dengan cara menumis toge dengan sedikit air panas, lalu ditambah irisan tahu, lontong, ketupat serta mie kuning dan disiram kuah kental atau saus yang terbuat dari oncom. Biasanya Toge Goreng disajikan sebagai makanan jalanan dijajakan menggunakan pikulan atau gerobak.

2. Laksa Bogor


Laksa Bogor adalah kuliner tradisional khas Bogor berupa hidangan berkuah kental dari santan dan parutan kelapa, dipadu dengan bumbu rempah alami lalu diberi ketupat, bihun, potongan oncom, dan tauge. Hidangan yang terlihat ringan namun cukup mengenyangkan ini dikenal lezat dan hangat.

3. Asinan Bogor


Asinan merupakan kuliner tradisional berisi sayuran dan buah yang dicampur dengan kuah pedas. Secara umum, terdapat dua jenis asinan, yaitu asinan Betawi dan asinan Bogor. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada kuah dan penambahan bahan campurannya. Jika asinan Betawi menggunakan kuah bumbu kacang, asinan Bogor menggunakan kuah yang diambil dari saripati cabai merah.

4. Talas Bogor


Talas adalah tumbuhan penghasil umbi yang banyak ditemukan di Bogor, umbi talas ini dapat diolah menjadi makanan dengan cara dikukus atau digoreng. Bahkan sekarang talas diolah menjadi kue atau bolu.

5. Soto Kuning Bogor


Soto kuning memiliki ciri khas kuah kuning yang kaya rempah. Kuningnya tersebut dihasilkan dari olahan santan yang dicampur rempah di ataranya kunyit, serai, dan lengkuas. Soto kuning ini, selain kuahnya kuning dengan rempah, memiliki ciri khas lain yaitu tidak menggunakan mi dan berisikan penuh bagian sapi. Di dalamnya terdapat berbagai macam pilihan isi, baik rebus maupun goreng, seperti empal, otak, limpa, paru, iso, daging, babat, kikil hingga lidah.

6. Cungkring


Cungkring adalah makanan khas Bogor dengan bahan seperti potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak bumbu kuning kemudian diguyur dengan bumbu kacang. Dinamakan cungkring karena bahan dasar makanan ini adalah kikil sapi, dalam bahasa sunda kikil disebut cungkring. Cungkring ini biasa disantap dengan lontong.

7. Doclang


Doclang merupakan makanan khas tradisional Bogor yang terbuat dari lontong, tahu, kentang, telur rebus, kerupuk dan disiram dengan bumbu kacang, kemudian bahan-bahan tersebut ditambah kecap secukupnya, dan sambal bagi yang suka pedas. Biasanya, doclang dijajakan secara berkeliling oleh sang penjual dengan cara dipikul maupun menggunakan gerobak dorong. Tapi ada juga pedagang yang mangkal di suatu tempat secara tetap.

8. Dodongkal


Dodongkal adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional yang terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menjadi tepung, dan kemudian di beri bumbu agar terasa gurih. Kemudian tepung beras yang telah halus diisikan gula aren dan dikukus. Dongkal biasanya disajikan diatas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa diatasnya.

0 Response to "8 Macam Kuliner Tradisional Khas Bogor"

Posting Komentar