8 Tips Liburan di Jogja Agar Tidak Tersesat

Jangan biarkan moment liburan anda menjadi berantakan karena tersesat saat berada di tempat wisata. Terlebih jika anda berada pada destinasi wisata yang ada di Jogja seperti: Goa Pindul, Pantai Parang Tritis, serta lain sebagainya. Sehingga anda perlu melakukan antisipasi agar situasi yang menjengkelkan tersebut tidak menimpa anda atau orang yang anda sayangi. Berikut tips liburan di Jogja agar tidak tersesat.

1. Cari informasi lokasi wisata sebelum keberangkatan


Tidak hanya berlaku di kota Jogja, dimanapun anda ingin berwisata sangat dianjurkan untuk memahami obyek wisata yang hendak dikunjungi dengan mengakses info sebanyak mungkin sebelum keberangkatan. Anda bisa melakukan browsing di internet untuk mempelajari situasi obyek wisata yang akan dikunjungi seperti lokasi hotel maupun tempat belanja, sehingga anda memiliki gambaran tentang daerah yang hendak anda kunjungi. Namun anda tidak perlu melakukan itu semua jika memanfaatkan jasa paket liburan Jogja.

2. Manfaatkan pemandu wisata


Hal yang mampu menghindarkan anda tersesat saat berwisata adalah dengan memanfaatkan jasa pemandu wisata atau tour guide, karena pemandu wisata sudah pasti mengetahui kondisi dan situasi di lingkungan sekitar, sehingga dapat membuat liburan anda menjadi maksimal tanpa takut kehilangan arah atau tersesat.

3. Sertakan alat untuk menunjukkan arah


Membawa alat yang berfungsi untuk menunjukkan arah semisal kompas, GPS, atau peta saat anda hendak berlibur di Jogja bisa sangat membantu perjalanan anda menjadi terarah dan terencana, namun apabila anda tersesat berusahalah untuk tetap tenang sambil mempelajari peta yang anda bawa untuk kembali ke arah yang benar.

4. Ingatlah ciri penginapan atau akomodasi anda sebelum berangkat berwisata


Agar tidak membuang waktu dan tenaga saat mencari jalan pulang ke penginapan maupun saat hendak kembali pada bus atau akomodasi lain saat berwisata maka ingatlah ciri hotel, atau tanda lain semisal: nama jalan, nama penginapan, toko, gedung atau patung yang terdapat disekitar hotel. Ingat pula jalan dengan patokan jelas yang telah anda ingat tadi. 

Sedangkan untuk akomodasi yang anda gunakan sebaiknya anda mengingat warna, bentuk, model dan plat nomor kendaraan yang digunakan, dan yang paling penting adalah tempat parkir kendaraan tersebut. Karena bisa jadi ada banyak kendaraan dengan merk dan warna yang sama di lokasi objek wisata dan tidak jarang para wisatawan yang tersesat akibat lupa dengan jalan pulang atau bingung mencari tempat parkir kendaraan mereka.

5. Bacalah petunjuk jalan dengan teliti


Begitu banyak informasi yang bertebaran di jalan berupa petunjuk arah yang mampu mengarahkan anda pada jalan yang benar. Sehingga sangat dianjurkan bagi anda untuk lebih teliti dan jeli dalam membaca petunjuk yang ada. Jangan sekali-kali menyepelekan hal ini karena bisa menjadi pedoman untuk perjalanan pulang anda.

6. Jangan ragu untuk bertanya


Malu bertanya sesat dijalan, pepatah ini sangat tepat untuk menggambarkan akibat terburuk saat anda enggan untuk mencari informasi lokasi yang asing bagi anda. Karena dengan bertanya kepada penduduk setempat atau orang lain bisa menolong anda saat tersesat. 

Akan tetapi jangan begitu saja percaya pada petunjuk yang diarahkan oleh satu orang karena tidak menutup kemungkinan informasi tersebut tidak benar. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu anda bisa bertanya pada beberapa orang, jika sebagian besar orang yang anda tanya memiliki jawaban yang sama, maka anda baru bisa mempercayai informasi tersebut.

7. Jangan terlampau panik dan cemas saat tersesat


Tenangkan pikiran anda saat tersesat, karena cemas dan panik tidak bisa membuat anda berpikir dengan jernih. Hal ini tentu akan mempersulit anda dalam mencari solusi untuk menemukan jalan dari ketersesatan anda. Untuk mengatasi panik, anda bisa duduk sejenak untuk beristirahat, tarik nafas dalam untuk relaksasi dan minumlah untuk memulihkan konsentrasi anda.

8. Manfaatkan paket liburan Jogja


Inilah tips aman, nyaman dan pastinya anti tersesat di kota Gudeg saat berwisata adalah dengan memanfaatkan paket liburan Jogja yang mudah, dengan fasilitas lengkap dan harga yang terjangkau. Karena kenyamanan berwisata hanya bisa anda dapatkan saat memanfaatkan jasa paket wisata, berwisata menjadi menyenangkan anti galau dan tentunya banyak pilihan paket berwisata yang bisa anda nikmati.

0 Response to "8 Tips Liburan di Jogja Agar Tidak Tersesat"

Posting Komentar