13 Macam Kuliner Khas Bandung Yang Bisa Anda Coba

Bandung memang surganya kuliner, dari jajanan kecil sampai makanan di cafe atau restoran semuanya ada. Karena itu banyak sekali makanan enak di Bandung yang bisa dipilih. Namun dari sejumlah makanan di Bandung itu kami memberikan daftar makanan khas Bandung saja. Semoga bisa membantu bagi yang mau wisata kuliner di Bandung.

1. Peuyeum


Peuyeum adalah tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Makanan tradisional ini populer di berbagai tempat dan tak jarang dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang mengunjungi Bandung.

2. Batagor


Batagor atau singkatan dari bakso tahu goreng adalah makanan khas Bandung yang sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Makanan ini dibuat dari adonan berbahan Ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola dengan digoreng. Biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

3. Surabi


Surabi atau Serabi adalah salah satu makanan khas asal Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan dibakar menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Seiring dengan perkembangan zaman, makanan ini pun terus berkembang sehingga menghasilkan variasi rasa dengan tambahan berbagai topping seperti sosis ataupun keju.

4. Cireng


Cireng atau singkatan dari aci goreng adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat. Makanan ini dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Seiring dengan perkembangan zaman, rasa cireng semakin bervariasi dengan tambahan seperti daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju.

5. Combro


Combro adalah makanan khas Jawa Barat, singkatan dari oncom di jero yang dalam Bahasa Indonesia berarti oncom di dalam. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

6. Misro


Misro adalah makanan khas dari Jawa Barat singkatan dari amis di jero atau dalam Bahasa Indonesia berarti manis di dalam. Makanan ini terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng. Bentuknya bulat dan makanan ini enak disantap saat hangat.

7. Cilok


Cilok adalah singkatan dari kata aci dan dicolok. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok. Makanan ini disajikan dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Bentuknya bulat dan terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

8. Seblak


Seblak adalah makanan Khas Bandung, Jawa Barat yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam atau olahan daging sapi dan dimasak dengan bumbu tertentu. Makanan ini disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Teksturnya kenyal dengan rasa yang pedas serta memiliki beberapa variasi.

9. Karedok


Karedok adalah makanan tradisional asal Jawa Barat yang disajikan menggunakan sayur-sayuran mentah seperti kacang panjang, kol, terong bulat, taoge, ketimun dan daun kemangi kemudian disiram dengan bumbu kacang tanah yang gurih dan sedikit pedas.

10. Gepuk


Gepuk adalah makanan khas sunda Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi. Daging sapi itu diiris dan direbus setengah matang, kemudian di pukul hingga cukup empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan. Kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambel.

11. Nasi Timbel


Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang. Ditambah lauk-pauk seperti daging sapi goreng, daging ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, lalapan dan sambal. Nasi yang digunakan pun nasi yang Pulen seperti jenis Beras Bagolo.

12. Bandrek


Bandrek adalah minuman tradisional yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Minuman ini dibuat dengan bahan dasar jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya juga ditambahkan rempah-rempah. Bandrek biasa dikonsumsi pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari bersama kacang rebus, ubi rebus, dan juga gorengan.

13. Bajigur


Bajigur adalah minuman tradisional yang berbahan utama gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan bisa dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Seiring dengan perkembangan zaman, Bajigur dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh menggunakan air hangat. Minuman ini biasa dijajakan bersama Bandrek, kacang rebus, ubi rebus, klepon, dan lain-lain.

Sumber: Wikipedia

0 Response to "13 Macam Kuliner Khas Bandung Yang Bisa Anda Coba"

Posting Komentar