Menariknya Penangkaran Rusa Cariu Untuk Anda Kunjungi

Bagi anda yang mencari tempat alternatif untuk liburan keluarga, mungkin Penangkaran Rusa Cariu di Bogor dapat menjadi pilihan wisata yang cukup menyenangkan terutama bagi anak-anak, karena di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa jinak dengan memberi makan atau mengelus-ngelustanpa ada pembatas apapun. 

Lokasi 


Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu ini berlokasi di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, yang menurut informasi dari wikipedia merupakan pemekaran dari Kecamatan Cariu. Untuk menuju ke sana dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Jakarta melewati jalur alternatif Cibubur-Cileungsi ke arah Jonggol menuju Cianjur. 

Daya Tarik 


Penangkaran Rusa yang berdiri sejak 1993 ini memiliki puluhan ekor rusa yang terdiri dari jenis Rusa Jawa (Cervus timorensis), Rusa Bawean (Axis kuhlii) dan Rusa Totol ( Axis axis) yang semuanya didatangkan daribeberapa daerah di pulau jawa. Hampir semua rusa di sana jinak dan tanpa malu-malu mendekati pengunjung untuk meminta makanan. 

Gambaran 


Tempat penangkaran ini berdiri di lahan seluas kurang lebih 5 hektar dengan rusa-rusa yang berkeliaran bebas di padang rumput, namun sebelum sampai di sana pengunjung harus melewati jembatan yang hanya dapat dilintasi oleh 10 orang dan berjalan kaki beberapa ratus meter sampai lokasi. Fasilitas yang tersedia di sana juga cukup memadai, ada warung makan, mushola dan toilet.