5 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah Yang Menarik

Kalimantan Tengah merupakan provinsi terbesar di Pulau Kalimantan dengan ibu kotanya Palangkaraya, provinsi ini sebagian besar didominasi oleh hutan hujan tropis yang cukup kaya dengan flora dan faunanya. Sebagai provinsi terbesar di Pulau Kalimantan, Kalteng memiliki berbagai tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Berikut adalah 5 tempat wisata di Kalimantan Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

1. Nyaru Menteng


Nyaru Menteng adalah kawasan hutan yang terletak di Palangkaraya, awalnya tempat ini digunakan untuk pelestarian vegetasi langka namun sekarang juga menjadi tempat penyelamatan dan pelestarian Orangutan. Adanya pusat reintroduksi orangutan ini menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi pengunjung yang ingin melihat orangutan sebelum dilepas ke alam bebas.

2. Taman Nasional Tanjung Puting


Taman Nasional Tanjung Puting merupakan pusat rehabilitasi Orangutan pertama di Indonesia yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir, kurang lebih ada tiga tempat yang bisa anda kunjungi untuk melihat Orangutan serta hewan lainnya di Tanjung Puting yaitu Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey.

3. Pantai Ujung Pandaran


Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu pantai yang ada di Kalimantan Tengah, lokasi tepatnya berada di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Barat. Menurut beberapa sumber, pantai ini merupakan yang paling favorit dan ramai dikunjungi terutama saat musim liburan, tidak hanya warga setempat tapi juga warga luar daerah.

4. Air Terjun Batu Mahasur


Air Terjun Batu Mahasur merupakan air terjun setinggi kurang lebih 12 meter yang berada di dalam kawasan hutan lindung seluas 100 hektar, lokasi tepatnya berada di Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Untuk menuju ke air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari Palangkaraya dengan pemandangan hutan hijau sepanjang perjalanan.

5. Pantai Siamuk


Selain pantai sungai bakau, Kabupaten Seruyan juga memiliki pantai siamuk yang bisa anda kunjungi, lokasinya terletak di Desa Sungai Undang Kecamatan Seruyan Hilir. pantai ini rencananya akan dikembangkan sebagai destinasi wisata baru di sana dengan daya tarik pemandangan sunrise dan sunset dalam satu tempat.