7 Tempat Wisata di Sumatera Utara Yang Bisa Anda Kunjungi

Membahas mengenai tempat wisata di Sumatera Utara, satu yang sudah pasti sangat terkenal hingga mancanegara adalah Danau Toba, namun tidak hanya itu saja yang ada di sana, anda pun bisa mengunjungi beberapa daerah lainnya di Sumatera Utara yang juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik. Berikut ini tersaji 7 tempat wisata di Sumatera Utara yang bisa anda kunjungi.

1. Danau Toba


Danau Toba merupakan tempat wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal dan harus anda kunjungi, sebab Danau Toba merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika yang luasnya mencakup tujuh wilayah kabupaten di Sumatera Utara. Di tengah danau toba ini terdapat pulau samosir yang menurut berbagai sumber luasnya seperti negara Singapura.

2. Air Terjun Efrata Samosir


Jika anda berkesempatan mengunjungi pulau samosir, anda bisa melihat sebuah air terjun yang menjadi salah satu tempat wisata andalan di sana yaitu Air Terjun Efrata, air terjun efrata ini memiliki tinggi sekitar 100 meter dan lebar 10 meter, lokasinya terletak di Desa Dosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

3. Air Terjun Dua Warna Deli Serdang


Selain itu di Sumatera Utara juga ada Air terjun yang cukup unik yaitu Air Terjun Dua Warna, lokasinya terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Keunikan air terjun ini sama seperti namanya yaitu airnya yang memiliki dua warna putih dan biru. Saat terjun airnya berwarna putih, namun kolam di bawahnya berisi air berwarna biru.

4. Air Terjun Sipiso-Piso Karo


Air terjun sipiso-piso merupakan air terjun setinggi 120 meter yang terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Dengan terjunan yang cukup tinggi serta dilatarbelakangi bukit, air terjun sipiso-piso menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang sangat populer dikunjungi wisatawan selain Danau Toba.

5. Pantai Sorake dan Lagundri Nias


Selanjutnya anda dapat mengunjungi Pulau Nias yang sangat terkenal dengan atraksi lompat batunya, di Pulau ini anda dapat mengunjungi Pantai Sorake dan Pantai Lagundri yang juga terkenal sebagai salah satu lokasi selancar dunia karena memiliki ombak yang cukup menantang, lokasi kedua pantai ini berdekatan dan hanya berjarak sekitar 2 km.

6. Air Soda Tapanuli Utara


Jika pemandian air panas sudah biasa untuk anda, di Sumatera Utara anda harus menjajal pemandian air soda alami (Aek Rara) yang terletak di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Menurut berbagai sumber, pemandian air soda alami seperti ini hanya ada dua di dunia yakni di Venezuela dan Sumatera Utara.

7. Taman Alam Lumbini Berastagi


Taman Alam Lumbini di Berastagi Kabupaten Karo juga bisa menjadi tujuan wisata anda saat berada di Sumatera Utara, karena taman ini memiliki pagoda yang telah dinobatkan oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda dengan cat berwarna kuning keemasan ini merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Burma Myanmar.