6 Tempat Wisata Yang Ada di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang beribukota di Palembang, provinsi ini sudah terkenal sejak berabad-abad lalu karena menjadi pusat pemerintahan kerajaan sriwijaya yang terkenal sebagai kerajaan maritim terkuat dan terbesar di Nusantara. Dengan luas wilayah yang cukup besar, Sumatera Selatan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah seperti berikut.

1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi


Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan yang menghubungkan daerah seberang ulu dan seberang ilir yang dipisahkan oleh sungai musi, lokasinya terletak di tengah kota Palembang. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1962 dan sekarang telah menjadi ikon serta lambang kota Palembang.

2. Pulau Kemaro


Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil yang terletak di tengah sungai musi, lokasinya berada sekitar 6km dari Jembatan Ampera. Di Pulau ini terdapat sebuah vihara yang sering dikunjungi umat buddha untuk berdoa dan berziarah, selain itu juga ada makam putri Palembang yang memiliki legenda tersendiri. Saat tahun baru imlek, di pulau kemaro sering diadakan acara Cap Go Meh.

3. Air Terjun Lematang Indah


Air Terjun Lematang Indah adalah salah satu air terjun yang bisa anda kunjungi di Kota Pagar Alam, lokasinya sangat strategis dan sangat mudah dijangkau karena berada di tepi jalan pinggiran kota. Air terjun lematang indah ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dan untuk menuju lokasi wisatawan harus menuruni beberapa anak tangga.

4. Benteng Kuto Besak


Kuto Besak adalah sebuah bangunan keraton yang pernah menjadi pusat kesultanan Palembang, pembangunannya di mulai pada tahun 1780 dengan semen perekat dari batu kapur yang ada di daerah pedalaman Sungai Ogan ditambah putih telur. Pembangunan benteng kuto besak ini diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I dan diteruskan oleh Sultan Mahmud Bahauddin.

5. Taman Hutan Punti Kayu


Punti Kayu adalah sebuah hutan wisata di Palembang yang sebagian besar tumbuhan di dalamnya didominasi jenis pinus dan tempat ini merupakan satu-satunya hutan wisata yang ada di Palembang. Hutan punti kayu memiliki beragam fasilitas wisata yang bisa anda nikmati seperti flying fox, taman bermain anak, jembatan gantung, kebun binatang serta lain sebagainya.

6. Pulau Maspari


Pulau Maspari mungkin belum terlalu populer, tetapi pulau ini dapat menjadi pilihan wisata anda berikutnya di Sumatera Selatan. Pulau Maspari ini adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Sumatera Selatan dan untuk menuju kesana bisa naik kapal motor dari Kecamatan Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI).