Pulau Pagang di Sumatera Barat Yang Mempesona

Pulau Pagang merupakan salah satu pulau kecil di Sumatera Barat yang bisa menjadi tujuan wisata anda, pulau ini memiliki luas kurang lebih 2,47 km persegi dan secara administrasi masuk dalam wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau Pagang berada tidak jauh dari pulau sikuai dan bahkan sering di singgahi wisatawan dari pulau tersebut.

Pulau Pagang Sumatera Barat

Pulau Pagang menawarkan wisata bahari yang cukup mempesona, dengan pemandangan pantai berpasir putih dan air laut yang berwarna biru serta pulau di sekitarnya yang bisa anda singgahi. Di Pulau ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan untuk menyegarkan diri anda dari rutinitas sehari-hari.

Menurut salah satu sumber, nama pulau pagang ini berasal dari cerita legenda yang pada intinya menceritakan mengenai keluarga yang terpisah karena konflik dan berkumpul kembali di pulau tersebut, oleh karena itu pulau ini dinamakan Pulau Pagang yang artinya berarti pulau tempat menyatukan keluarga.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, tentunya Pulau Pagang ini dapat menjadi pilihan wisata anda saat berada di Sumatera Barat selain Pulau Pasumpahan, Pulau Sikuai maupun Pulau Cubadak yang telah populer dan berkembang lebih dulu.

Transportasi Ke Pulau Pagang


Untuk menuju ke Pulau Pagang, dari Kota Padang anda bisa berangkat dari Pelabuhan Bungus Teluk Kabung atau dari Pelabuhan Muaro dengan waktu tempuh berkisar 40 menit - 1 jam perjalanan dengan perahu, pilihan lainnya juga bisa melalui Pelabuhan Carocok Terusan yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan dengan waktu tempuh 30 menit.