Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur Yang Mempesona

Derawan adalah nama sebuah kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Derawan, Kakaban, Maratua, Sangalaki, Panjang, Semama serta lain sebagainya. Kepulauan ini sangat kaya akan terumbu karang dan kenekaragaman hayati bawah lautnya yang menjadi surga bagi para penyelam setelah Raja Ampat.

Pantai Pulau Derawan


Di Kepulauan Derawan anda bisa menikmati pantai dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih, pemandangan bawah lautnya yang mempesona, melihat penyu-penyu hijau yang berkeliaran, berenang di danau bersama ubur-ubur yang tidak menyengat, melihat pari manta, serta kegiatan wisata lainnya yang menarik disana.

Maratua Paradise Resort di Pulau Maratua

Dengan keanekaragaman hayati serta pemandangan indah yang dimiliki Pulau Derawan, maka tak heran jika Kalimantan Timur menjadikannya sebagai objek wisata unggulan. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Derawan menghabiskan waktunya untuk island hopping dari pulau satu ke pulau lainnya dan yang paling sering disinggahi adalah pulau derawan, sangalaki, kakaban dan maratua.

Danau di Pulau Kakaban
 

Transportasi


Bagi yang ingin berkunjung ke Pulau Derawan anda bisa menggunakan pesawat menuju Balikpapan (Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman) kemudian lanjutkan lagi penerbangan anda menuju ke Bandar Udara Kalimarau di Kabupaten Berau, setelah itu anda harus melanjutkan melalui jalan darat menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu dan lanjut ke Derawan menggunakan kapal.

Akomodasi


Pulau Derawan cukup ramai dengan penginapan, ada banyak penginapan yang bisa anda pilih di Pulau Derawan dengan tarif di kisaran ratusan ribu rupiah, selain itu disana juga sudah ada toko souvenir, warung makan dan tempat sewa alat snorkeling, sehingga tidak perlu khawatir saat berada disana. Pilihan lainnya anda bisa menginap di Pulau Maratua.

Objek Wisata


Terdapat beberapa objek wisata yang bisa dinikmati saat berada di Kepulauan Derawan, di Pulau Kakaban anda bisa berenang bersama ubur-ubur di danau yang hanya ada dua di dunia yaitu di Pulau Kakaban dan Pulau Mikronesia, di Pulau Sangalaki anda bisa mengunjungi penangkaran penyu atau menyelam bersama pari panta. Sedangkan di Pulau Maratua, selain snorkeling anda juga bisa mengunjungi goa dengan air berwarna biru atau mengunjungi Pulau Nabucco yang terletak tidak jauh dari Maratua.