12 Tempat Wisata di Provinsi Riau Yang Bisa Dikunjungi

Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang Ibu Kotanya berada di Pekanbaru, provinsi ini memiliki luas 8.915.016 Ha yang terdiri dari 12 Kabupaten dan Kota. Dengan luas tersebut tentunya Provinsi Riau memiliki cukup banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di setiap daerahnya, untuk itu saya telah merangkum beberapa tempat wisata di Riau yang mungkin cukup menarik untuk anda kunjungi seperti berikut ini.

Kota Pekanbaru


1. Taman Wisata Alam Mayang


Taman Wisata Alam Mayang merupakan salah satu tempat rekreasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, lokasinya terletak di Jalan Imam Munandar/Jalan Harapan Raya, Kecamatan Bukit Raya. Tempat ini menyediakan berbagai wahana permainan yang bisa anda nikmati seperti flying fox, atv, sepeda air, bom-bom car, serta kolam pemancingan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Pekanbaru

Kabupaten Bengkalis


2. Pulau Rupat


Di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau anda dapat berkunjung ke Pulau Rupat yang berhadapan langsung dengan selat malaka dan menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia, Pulau ini menawarkan kepada anda pantai yang landai dan berpasir putih sepanjang 13 kilometer yang membentang di tiga desa yaitu Desa Tanjung Medang, Desa Teluk Rhu dan Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara.

Kabupaten Indragiri Hulu


3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh


Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan kawasan konservasi yang memiliki luas ratusan ribu hektar dengan keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di dalamnya, di Taman Nasional ini anda dapat menjumpai beberapa air terjun seperti Air Terjun Granit, Air Terjun Sultan Limpayang dan juga Air Terjun Papunawan.

4. Danau Raja


Danau Raja lokasinya terletak di Kota Rengat yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Indragiri Hulu, konon danau ini dulunya merupakan tempat pemandian keluarga kerajaan Indragiri yang istananya sekarang berada di dalam danau, namun tidak jauh dari lokasi danau anda dapat melihat replika istana kerajaan tersebut.

Kabupaten Kampar


5. Candi Muara Takus


Candi Muara Takus merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, lokasinya terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan Koto Kampar XIII, candi ini merupakan candi Buddha yang menjadi satu-satunya peninggalan sejarah berbentuk candi yang ada di Riau.

6. Air Terjun Lubuk Bigau


Air Terjun Lubuk Bigau atau yang disebut juga Air Terjun Pangkalan Kapas, lokasinya terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kamparkiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, bisa dibilang air terjun ini merupakan yang tertinggi di Riau karena tingginya mencapai 130 meter.

Kabupaten Kuantan Singingi


7. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban


Air Terjun Tujuh Tingkat, sesuai namanya air terjun ini memiliki tujuh tingkatan atau tujuh buah air terjun yang bisa dicapai dengan mendaki lereng-lereng bukit, air terjun ini lokasinya berada di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kanan, Kabupaten Kuantan Singingi, untuk menuju ke sini wisatawan harus menggunakan perahu menyusuri sungai kurang lebih 15 menit.

8. Air Terjun Guruh Gemurai


Selain itu ada satu lagi air terjun yang bisa dikunjungi di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, yaitu Air Terjun Guruh Gemurai, lokasinya terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter, dibandingkan air terjun tujuh tingkat tentunya air terjun ini lebih mudah diakses karena tidak perlu menggunakan perahu untuk menyusuri sungai.

Kabupaten Pelalawan


9. Pantai Ogis dan Bono


Pantai Ogis merupakan hamparan pasir yang terletak di tepian Sungai Kampar, lokasinya terletak di Desa Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Daya tarik dari pantai ini yaitu anda bisa melihat bono, sebuah fenomena alam berupa gelombang besar setinggi 4-6 meter yang terbentuk akibat dari pertemuan arus sungai dengan arus pasang laut.

Kabupaten Rokan Hulu


10. Air Terjun Aek Martua


Air Terjun Aek Martua atau biasa disingkat dengan AM lokasinya terletak di kawasan pegunungan bukit barisan, tepatnya di Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi mulai dari 5 meter - 30 meter, karena hal tersebut air terjun ini juga memiliki sebutan dengan air terjun tangga seribu.

Kabupaten Rokan Hilir


11. Pulau Jemur


Pulau Jemur merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau seperti Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya, lokasinya terletak sekitar 72 km dari Ibu Kota Rokan Hilir yaitu Bagansiapiapi. Pulau Jemur ini merupakan salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Rokan Hilir dengan daya tarik pantai dan penangkaran penyu.

Kabupaten Siak


12. Istana Siak


Istana Siak Sri Inderapura merupakan sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Bangunan ini dibangun pada 1889 pada masa pemerintahan sultan siak ke-11 dan diarsiteki oleh seorang arsitek dari Jerman. Dulunya istana ini digunakan sebagai kediaman raja-raja Siak Sri Indrapura dan tempat menerima tamu kenegaraan, sekarang istana tersebut telah berubah fungsi menjadi museum daerah yang menyimpan berbagai koleksi benda peninggalan sejarah.

Demikian beberapa tempat wisata di Provinsi Riau yang bisa anda kunjungi dan mungkin cukup menarik untuk menjadi tujuan wisata anda saat berkunjung ke Riau, sebenarnya masih ada beberapa kabupaten lagi yang belum tercantum, namun akan segera di update jika ada tempat wisata baru yang menarik.