Pulau Menjangan Tempatnya Wall Diving Terbaik di Bali

Pulau Menjangan merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat dikenal oleh para diver sebagai tempatnya wall diving terbaik di Bali, lokasinya terletak sekitar 9 km barat laut Pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Nama Menjangan sendiri artinya adalah rusa/kijang, hal ini dikarenakan banyaknya rusa liar yang menghuni pulau tersebut.

Pulau Menjangan tidak berpenghuni dan merupakan kawasan konservasi, oleh karena itu semua kehidupan di pulau ini dilindungi. Alangkah baiknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Menjangan tidak merusak lingkungan maupun membuang sampah sembarangan supaya lingkungannya tetap terjaga dengan baik.

Pulau Menjangan memiliki beberapa spot diving dan snorkeling juga pantai dengan hamparan pasir putih, meski tidak berpenghuni namun disini terdapat beberapa pura yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk melakukan persembahyangan. Bagi anda yang sudah sering mengunjungi tempat wisata terkenal di Bali, Pulau Menjangan ini bisa menjadi pilihan lain wisata anda untuk merasakan sensasi berbeda berwisata di Pulau Dewata.

Transportasi Ke Pulau Menjangan


Untuk menuju ke Pulau Menjangan wisatawan bisa menggunakan perahu yang dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat dari Labuhan Lalang di Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, yang hanya berjarak sekitar 15 menit saja dari Pelabuhan Gilimanuk atau bisa juga dari Banyuwedang.

Selain dari Labuhan Lalang, menuju ke Pulau Menjangan juga bisa anda lakukan dari Banyuwangi, tepatnya dari pantai watu dodol yang berjarak hanya 10 menit dari pelabuhan ketapang. Jika anda memilih jalur ini waktu tempuh menuju ke Pulau Menjangan sedikit lebih lama yaitu sekitar 1 jam.

Penginapan di Pulau Menjangan


Di Pulau Menjangan tidak ada penginapan, oleh karena itu wisatawan yang ingin menginap bisa mencari penginapan di tempat yang tidak jauh dari pemberangkatan menuju ke Pulau Menjangan seperti di daerah Gilimanuk, Banyuwedang maupun di daerah sekitarnya yang sekiranya cocok bagi anda.