6 Tempat Wisata di Tana Toraja Sulsel Yang Bisa Anda Kunjungi

Tana Toraja merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang letaknya berada di utara Provinsi Sulawesi Selatan, daerah ini berbatasan dengan Toraja Utara di sebelah utara. Tana Toraja memiliki daya tarik wisata yang cukup unik dengan peninggalan budaya yang sudah ada sejak zaman megalitikum. 

Sebagai salah satu daerah wisata yang cukup terkenal, Tana Toraja memiliki beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Bagi anda yang akan mengunjungi Tana Toraja, berikut adalah tempat wisatanya.

1. Puncak Buntu Burake


Pucak Buntu Burake merupakan tempat dimana anda bisa melihat panorama alam Tana Toraja dari ketinggian, lokasinya berada di sebelah timur pusat pemerintahan Tana Toraja yaitu Makele. Tempat ini dikembangkan sebagai objek wisata religi oleh pemerintah setempat dengan dibangunnya sebuah patung yesus seperti di Brasil yang tingginya mencapai 40 meter, rencananya patung yesus tersebut akan diresmikan pada Agustus 2015.

2. Air Terjun Sarambu Assing


Selain wisata budaya, Tana Toraja juga memiliki air terjun yang bisa dikunjungi yaitu air terjun sarambu assing, lokasinya berada di Kecamatan Bittuang sekitar 35 km dari Makale, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan sumber air yang berasal dari pegunungan dan hutan yang asri. Untuk menuju ke lokasi air terjun dapat dicapai dengan kendaraan roda dua maupun empat.

3. Air Terjun Talondo Tallu


Selain air terjun sarambu assing, di Tana Toraja juga ada air terjun bernama Talondo Tallu yang tersembunyi di tengah hutan, lokasinya berada di Kecamatan Malimbong Balepe. Air terjun ini membentuk tiga cabang terjunan dengan ketinggian yang berbeda dan dibawahnya terdapat sebuah kolam yang kabarnya cukup dalam.

4. Makam Adat Lemo


Makam adat Lemo yang terletak di Makale Utara bukanlah makam biasa seperti yang kita lihat pada umumnya, ini merupakan pemakaman yang berada di dinding tebing dan berhiaskan patung pahat yang dinamakan tao-tao, karena hal yang tidak biasa tersebut, Makam Adat Lemo ini menjadi salah satu tempat wisata di Tana Toraja yang sangat menarik untuk dikunjungi.

5. Rumah Adat Toraja


Rumah Adat Toraja atau Tongkonan juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Tana Toraja yang sering dikunjungi. Tongkonan merupakan rumah adat yang terbuat dari kayu dengan ciri rumah panggung, atapnya berbentuk seperti tanduk kerbau namun ada juga yang mengatakan seperti perahu. Dikolong rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau.

6. Rambu Solo


Rambu Solo merupakan salah satu upacara adat kematian Tana Toraja, dalam upacara ini keluarga yang ditinggalkan membuat acara yang bertujuan untuk menghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju tempat peristirahatannya, biasanya upacara adat ini berlangsung berhari-hari dengan menyembelih puluhan bahkan ratusan ekor kerbau dan babi.

0 Response to "6 Tempat Wisata di Tana Toraja Sulsel Yang Bisa Anda Kunjungi"

Posting Komentar