6 Objek Wisata Air Terjun di Banyuwangi

Selain pantai-pantainya yang indah, Banyuwangi juga punya air terjun yang dapat dikunjungi, dari yang mudah diakses hingga butuh perjuangan untuk melihatnya. Ingin tahu apa saja air terjun di Banyuwangi tersebut, inilah 6 objek wisata air terjun di Banyuwangi.

1. Air Terjun Kampung Anyar


Air Terjun Kampung Anyar cukup menarik karena memiliki tiga buah air terjun yang berasal dari tiga sumber mata air yaitu sumber jagir, sumber pawon, dan sumber butut ijah. Air terjun yang terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh Kecamatan Glagah ini memiliki banyak sebutan. Selain disebut Air Terjun Kampung Anyar juga disebut Air Terjun Bersaudara atau Air Terjun Kembar, Air Terjun Jagir dan Air Terjun Bidadari.

2. Air Terjun Lider


Dinamakan Air Terjun Lider, karena lokasinya terletak di hutan lindung petak 74, Blok Lider, di lereng timur Gunung Raung di kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH), Perhutani Sidomulyo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kali Setail, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat. Tepatnya di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon Banyuwangi, namun perjalanan menuju air terjun ini tidak mudah.

3. Air Terjun Tirto Kemanten


Air Terjun Tirto Kemanten dikenal juga dengan Air Terjun Wonorejo, letaknya berada di lereng Gunung Raung, tepatnya di Dusun Wonorejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun ini juga cukup menarik karena pengunjung disuguhkan dua air terjun berdekatan yang hanya dipisahkan oleh batu besar. Karena posisinya tersebut air terjun ini dinamai Tirto Kemanten oleh penduduk sekitar.

4. Air Terjun Kali Selogiri


Air Terjun Kali selogiri terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya tidak jauh dari Wisata Agro Kali selogiri. Berkunjung ke air terjun ini menjadi tantangan tersendiri. Jalanan yang berbatu menjadi medan yang menantang bagi pengunjung untuk sampai ke air terjun ini.

5. Air Terjun Selendang Arum


Air Terjun Selendang Arum terletak di Dusun Sumberasih, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air Terjun Selendang Arum memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Air yang jatuh dari atas tidak langsung jatuh ke bawah melainkan melewati bebatuan sebelum sampai ke bawah. Karena bentuknya seperti selendang, sehingga air terjun ini dinamakan Air Terjun Selendang Arum.

6. Air Terjun Kali Bendo


Air Terjun Kali bendo terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Kurang lebih 30 menit dari Banyuwangi Kota, Air Terjun Kali bendo ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan berada didalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh. Kawasan Agro Wisata Kali bendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

0 Response to "6 Objek Wisata Air Terjun di Banyuwangi"

Posting Komentar