6 Tempat wisata di Brebes Untuk Liburan Mudik Anda

Mudik ke Brebes dan bingung mau kemana? Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Brebes yang dapat anda pilih saat berada di sana. Sekedar informasi saja, Brebes merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Tegal dan sangat terkenal dengan bawang dan telur asinnya yang berkualitas. Menurut wikipedia Brebes juga merupakan kabupaten dengan penduduk paling banyak di Jawa Tengah dan terluas kedua setelah Cilacap. Berikut adalah tempat wisata di Brebes.

1. Pantai Randusanga Indah

Pantai Randusanga Brebes
Pantai Randusanga Brebes

Pantai Randusanga Indah terletak di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, jaraknya sekitar 7 km dari jalur pantura. Meskipun tidak seindah pantai selatan, tetapi pantai randusanga dapat menjadi pilihan kunjungan wisata anda bersama keluarga di Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga nantinya akan banyak ditemui perkebunan bawang merah dan tambak.

2. Curug Putri

Curug Putri Brebes
Curug Putri Brebes

Curug Putri terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, tingginya kurang lebih sekitar 35 meter dengan tebing batu di sisinya yang berbentuk seperti ukiran alami. Menurut informasi yang beredar Curug Putri di Brebes ini dulunya memiliki dua terjunan kembar, namun seiring kondisi alam membuat air terjun putri ini hanya menyisakan satu air terjun saja.

3. Kebun Teh Kaligua

Agrowisata Kebun Teh Brebes
Agrowisata Kebun Teh Kaligua Brebes

Kebun Teh Kaligua merupakan perkebunan teh yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX, lokasinya berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Selain menjadi tempat penanaman teh ternyata Kebun Teh Kaligua juga menyediakan tempat agrowisata dengan fasilitas outbound, penginapan, tuk bening, puncak sakub, goa jepang serta lain sebagainya.

4. Waterboom Ciblon

ciblon waterboom
Ciblon Waterboom Brebes

Ciblon Warerboom merupakan sebuah tempat wisata air yang terletak di Jalan Yos Sudarso Kota Brebes, lokasinya yang cukup strategis membuat waterboom ciblon ini cukup populer. Anda dapat bermain air sepuasnya disini sambil menikmati beberapa fasilitas yang tersedia seperti slider dengan ketinggian sekitar 10 meter, ember tumpah, cafe dan lain sebagainya.

5. Ranto Canyon

Ranto Canyon
Ranto Canyon Brebes

Ranto Canyon merupakan sebuah tempat wisata baru di Brebes dimana terdapat aliran sungai dan air terjun yang diapit oleh dua tebing, lokasinya terletak diantara Desa Tembongraja dan Desa Winduasri Kecamatan Salem Brebes. Di Ranto Canyon ini nantinya wisatawan akan diajak menyusuri track yang cukup menantang dengan menggunakan helm dan pelampung serta tali untuk menuruni tebing.

6. Pemandian Air Panas

Wajah baru pemandian air panas cipanas buaran brebes

Brebes memiliki dua pemandian air panas yang dapat anda kunjungi, yang pertama adalah pemandian air panas cipanas buaran yang berlokasi di Desa Buaran Kecamatan Bantarkawung, sedangkan yang kedua ada pemandian air panas tirta husada yang berlokasi di Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan Brebes.