Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah tempat wisata di Jakarta Utara yang memiliki beragam wahana menarik untuk anda nikmati. Menempati area seluas 150 hektar, Taman Mini Indonesia menjadi salah satu tempat rekreasi terbesar yang ada di Indonesia.

Taman Mini Indonesia indah merupakan kawasan wisata yang menggambarkan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, hal tersebut tergambar melalui anjungan daerah, pakaian, tradisi sampai tarian khas daerah yang mewakili tiap suku bangsa yang ada di Indonesia.

Sejarah Singkat TMII


Menurut Sejarahnya, Pembangunan Taman Mini dimulai pada tahun 1972 atas gagasan dari Ibu Tien Soeharto dengan tujuan untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air serta untuk mengenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Sedangkan peresmiannya dilakukan pada 20 April 1975 oleh mantan Presiden Soeharto.

Wahana di TMII


Sudah berdiri 40 tahun sejak peresmiannya, hingga kini Taman Mini masih menjadi tempat favorit bagi sebagian warga untuk berlibur. Adapun wahana rekreasi di TMII yang bisa anda nikmati di sana adalah sebagai berikut:

Lihat Juga: Daftar Lengkap Tiket Taman Mini dan Wahananya

1. Anjungan


Anjungan Budaya di TMII menampilkan rumah adat dari masing-masing provinsi yang ada di Indonesia. Seperti misalnya anjungan Sumatera Barat yang menampilkan rumah gadang atau anjungan Kalimantan Tengah yang menampilkan rumah adat Betang.

2. Museum


Terdapat cukup banyak museum yang berada di Taman Mini Indonesia Indah, diantaranya adalah Museum Transportasi, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Asmat, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Serangga serta masih banyak lagi lainnya.

3. Flora dan Fauna


Di Taman Mini juga ada flora dan fauna yang bisa dinikmati pengunjung, apabila ingin melihat berbagai jenis reptil bisa mengunjungi Taman Reptil, sedangkan untuk melihat keanekaragaman hayati air tawar bisa mengunjungi Taman Akuarium Air Tawar, selain itu ada juga taman bunga serta lain sebagainya.

4. Istana Anak


Istana Anak merupakan salah satu wahana favorit di TMII, berupa bangunan istana seperti yang ada dalam cerita dongeng. Di sekitar lokasi terdapat permainan anak, kereta kelinci sampai kolam renang yang menyenangkan untuk anak.

5. Teater Imax Keong Mas


Teater Imax Keong Mas adalah sebuah bangunan berbentuk keong dengan warna cat berwarna emas, di sini anda bisa menonton tayangan film dengan teknologi sinematografi modern Imax yang dirancang khusus untuk menghasilkan pertunjukkan yang sempurna.

6. PP IPTEK


Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau disingkat PP IPTEK merupakan sarana pembelajaran luar sekolah yang menyenangkan dan menghibur karena di sana tersaji beberapa alat peraga yang bisa pengunjung sentuh dan mainkan.

7. Kereta Gantung


Kereta Gantung (Skylift) Taman Mini yang berkapasitas 4 orang juga menjadi tujuan favorit di Taman Mini, karena dari wahana ini anda bisa menikmati pemandangan miniatur Indonesia dari ketinggian selama kurang lebih 20 menit.

8. Kereta Aeromovel


Kereta Aeromovel atau yang dinamakan Titihan Samirono ini merupakan kereta yang berjalan dengan tenaga angin di atas jalan layang setinggi 6 meter, di wahana ini anda juga akan diajak mengelilingi TMII dengan kecepatan sekitar 15-20 km/jam.

9. Snowbay


Setelah puas berkeliling TMII anda bisa menyegarkan diri dengan berenang di Snowbay. Waterpark yang menyajikan suasana pegunungan salju ini memiliki berbagai jenis kolam dan seluncuran yang bisa pengunjung nikmati.