6 Tujuan Wisata Yang Ada di TN Ujung Kulon

Ujung Kulon adalah Taman Nasional yang berada di wilayah Provinsi Banten yang juga merupakan habitat bagi satwa langka badak jawa (Rhinoceros sondaicus), selain itu Taman Nasional Ujung Kulon ini juga merupakan salah satu warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada 1991.

Selain sebagai Taman Nasional, Ujung Kulon juga menjadi tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk berlibur, karena Ujung Kulon memiliki beberapa tujuan wisata sebagai berikut.

Tujuan Wisata di Ujung Kulon


1. Pulau Peucang dan Karang Copong


Pulau Peucang menjadi tujuan wisata pertama anda di Ujung Kulon setelah berperahu selama beberapa jam dari Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Adapun tempat yang bisa anda nikmati di sana adalah pantai berpasir putih dengan laut yang jernih serta treking ke Karang Copong yang ada di belakang Pulau Peucang.

2. Pulau Panaitan


Pulau Panaitan juga merupakan salah satu tujuan wisata yang bisa anda kunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau yang letaknya berada di sebelah barat daya Pulau Peucang ini tidak hanya memiliki pantai berpasir putih saja, tetapi ada juga beberapa spot diving dan snorkeling, selain itu di pulau panaitan ini pernah ditemukan Arca Ganesha yang menunjukan bahwa pernah ada peradaban hindu di sini.

3. Pulau Handeleum dan Sungai Cigenter


Pulau Handeleum menawarkan wisata yang berbeda dari pulau-pulau lainnya yang ada di Ujung Kulon. Jika pulau lain menawarkan pantai, pulau handeleum menawarkan wisata menyusuri sungai cigenter dengan menggunakan sampan/canoing sambil melihat pemandangan hutan hujan sepanjang sungai.

4. Pulau Badul


Pulau Badul adalah sebuah pulau kecil di tengah laut yang letaknya berada tidak jauh dari Sumur, tampilannya berupa gundukan pasir dengan sedikit tumbuhan di bagian tengahnya sehingga tidak ada tempat berteduh untuk anda yang kepanasan. Namun di Pulau Badul ini anda bisa berenang, snorkeling atau sekedar berfoto.

5. Cibom dan Tanjung Layar


Tujuan wisata di Ujung Kulon selanjutnya adalah Cibom yang letaknya berada tidak jauh dari Pulau Peucang. Di Cibom ini anda bisa menjumpai sisa-sisa pembangunan dermaga yang dibangun pada zaman kolonial Belanda serta trekking ke Tanjung Layar, dimana anda akan menemukan padang rumput yang dikelilingi batu besar ditambah pemandangan ke laut lepas yang mempesona.

6. Cidaon


Cidaon adalah sebuah padang rumput yang cukup luas yang juga menjadi salah satu objek wisata di Ujung Kulon. Daya tariknya adalah pengamatan hewan yang datang untuk makan pada waktu tertentu, adapun hewan yang bisa pengunjung lihat di Cidaon adalah Banteng, Merak, Ayam Hutan, Burung serta lain sebagainya.