11 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Yang Bisa Dikunjungi

Berbicara mengenai tempat wisata di Kalimantan Selatan cukup luas, salah satu provinsi di Indonesia ini terdiri dari 11 kabupaten dan 2 kota dimana setiap kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan ini memiliki objek wisata tersendiri yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata alam sampai wisata bahari ada di Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan

1. Air Terjun Panayar

Air Terjun Panayar Kalimantan Selatan

Tempat wisata di Kalimantan Selatan ada air terjun panayar, lokasinya berada di Desa Artain Kecamatan Aranio, jaraknya kurang lebih 30 km dari kota Martapura, Kalimantan Selatan. Untuk menuju air terjun ini anda menggunakan kendaraan bermotor kemudian dilanjutkan menggunakan kelotok.

2. Waduk Riam Kanan dan Pulau Pinus II


Danau atau Waduk Riam Kanan berlokasi di Desa Aranio, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Waduk Riam Kanan juga mengunjungi Pulau Pinus 2 yang berada di tengah waduk riam kanan. Disebut pulau pinus karena banyak pohon yang tumbuh di pulau tersebut.

3. Pulau Kaget


Pulau Kaget merupakan salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang berada di wilayah Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau Kaget merupakan sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito, pulau ini juga merupakan habitat bagi Bekantan.

4. Air Panas hantakan


Air Panas Hantakan merupakan objek wisata di Kalimantan Selatan berupa pemandian air panas yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Air di kolam air panas ini memiliki kandungan belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

5. Air Terjun Minik Palajau


Air terjun minik palajau berada kurang lebih 1 km dari Desa Kiyu, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Untuk menuju air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

6. Loksado


Loksado adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda akan menjelajahi pegunungan meratus. Dari sini anda bisa mengunjungi Air Terjun Haratai, Air Terjun Kilat Api dan  Balanting Paring atau Bamboo Rafting menyusuri sungai amandit.

7. Pantai Gedambaan


Pantai Gedambaan Sarang Tiung berada di Utara Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Pantai Gedambaan merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu disini juga terdapat penginapan dan kolam renang untuk anak.

8. Pantai Teluk Tamiang


Pantai Teluk Tamiang adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menawarkan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan jalur darat dengan rute Tanjung Serdang - Lontar - Teluk Tamiang, cara lain bisa menggunakan ferry di Batu Licin.

9. Pantai Tanjung Kunyit


Setelah ke Pantai Teluk Tamiang anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung kunyit dari Teluk Tamiang menggunakan perahu. Di tanjung kunyit ini juga ada sebuah mercusuar yang bisa anda naiki untuk melihat pemandangan sekitar dari atas mercusuar.

Selain tiga tempat wisata tersebut masih banyak lagi yang bisa dikunjungi. Nanti akan dibuatkan postingan sendiri mengenai tempat wisata di salah satu kabupaten di kalimantan selatan ini.

10. Pantai Batakan


Pantai Batakan berada di Desa Batakan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jarak dari pusat kota pelaihari kurang lebih 40 km. Pantai Bantakan berpasir coklat dan banyak ditumbuhi pohon pinus. Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah pulau di tengah laut bernama pulau Datu.

11. Pantai Pagatan


Pantai Pagatan berada di Pagatan yang merupakan ibu kota Kecamatan Kusan Hilir. Lokasinya sangat mudah dicapai karena berada di samping jalan utama Trans Kalimantan, pantai ini dapat terlihat langsung apabila anda berjalan dari arah Banjarmasin menuju Kotabaru.

Demikian sebagian tempat wisata di Kalimantan Selatan yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun teman anda.

0 Response to "11 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Yang Bisa Dikunjungi"

Posting Komentar