Tentang Objek Wisata Gunung Bromo

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang Gunung Bromo, tulisan sekarang ini adalah mengenai objek wisata yang bisa anda kunjungi ketika Wisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jawa Timur Lengkap

Gunung Bromo
Gunung Bromo

Objek Wisata di Gunung Bromo


1. Laut Pasir


Laut pasir adalah hamparan pasir yang berada di sekitar lokasi objek wisata Gunung Bromo yang merupakan hasil letusan Gunung Bromo, hanya kendaraan 4x4 saja yang diperbolehkan melintasi kawasan ini.

2. Gunung Bromo 


Gunung Bromo sebenarnya merupakan anak gunung tengger yang muncul di tengah-tengah kaldera Gunung Tengger, bahkan Gunung Bromo lebih terkenal daripada Gunung Tengger sendiri.  Gunung Bromo sangat terkenal karena dari dulu sering meletus dan dijadikan sebagai tempat pembuangan sesajen oleh masyarakat suku tengger.

3. Gunung Batok 


Gunung Batok merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini juga merupakan salah satu dari anak-anak Gunung Tengger yang paling muda dan belum pernah meletus.

4. Pura Agung Poten 


Pura Agung Poten adalah tempat beribadah umat Hindu Tengger, Lokasinya berada di antara gunung tengger dan gunung batok.

5. Watu Singa 


Watu Singa adalah batu yang berbentuk menyerupai seperti seekor singa.  Baru ini merupakan hasil dari letusan Gunung Bromo yang berada di kawasan laut pasir kaldera gunung tengger.

6. Padang Savana Tengger 


Padang savana tengger merupakan hamparan rumput yang sangat luas berada di kawasan kaldera gunung tengger, ada keunikan tersendiri dari padang savana ini jika musim kemarau maka warnanya akan terlihat coklat karena rumput kering, namun ketika musim hujan wilayah ini menjadi hijau membentuk hamparan rumput.

7. Simpang Dingklik 


Simpang dingklik adalah tempat persinggahan yang juga merupakan suatu tempat untuk melihat pemandangan ke arah kaldera Gn. Tengger.

8. Gunung penanjakan 


Gunung Penanjakan adalah tempat tertinggi untuk melihat pemandangan kawasan kaldera gunung tengger dan gunung semeru. Dari sini anda bisa melihat pemandangan yang indah maupun mengabadikan sunrise.

9. Coban trisula


Coban Trisula adalah air terjun yang berada di dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru (BTS). Selain menjadi tujuan wisata, tempat ini juga menjadi tempat penelitian.

10. Jemplang 


Jemplang adalah tempat peristirahatan.  Di tempat ini biasanya para wisatawan membuat foto-foto yang indah ke arah padang savana Tengger

11. Ranupani 


Ranupani adalah sebuah pemukiman penduduk di dalam kawasan TN BTS. Di sini terdapat sebuah danau yang bernama Ranupani yang letaknya persis di antara Desa Ranupani dengan Kantor Resort Ranupani TN BTS.

12. Ranu Regulo 


Ranu Regulo juga nama dari sebuah danau yang letaknya bersebelahan dengan Ranupani. Kondisi Ranu Regulo jauh lebih bersih dan lebih baik daripada Ranupani.

13. Ranu kumbolo 


Ranu Kumbolo adalah terluas dan terindah dalam kawasan TN BTS bahkan airnya dapat diminum langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Wisatawan yang datang ke tempat ini hanyalah para pendaki Gn. Semeru saja.

14. Tanjakan Cinta


Tanjakan cinta adalah bukit pemisah antara Ranu Kumbolo dan Oro-Oro Ombo. Bukit ini dinamakan tanjakan cinta karena bukit ini sangat tinggi dan curam, para pendaki wanita yang kelelahan akan memegang tangan teman laki-lakinya. Oleh karena itu dinamakan tanjakan cinta.

15. Oro-Oro Ombo


Oro-Oro Ombo adalah hamparan padang rumput yang luas di sebelah Ranu Kumbolo. Sebagian kawasan Oro-Oro Ombo ini akan menjadi danau yang agak dangkal di musim penghujan namun di musim kemarau akan menjadi padang rumput kembali.

16. Cemoro kandang


Cemoro Kandang adalah kawasan hutan cemara yang berada diantara Oro-Oro Ombo dan Kalimati. Tempat ini sangat nyaman dijadikan tempat perkemahan.

17. Kalimati


Kalimati adalah hamparan padang rumput yang luas terletak di antara Cemorokandang dan kawasan Arcopodo.  Kawasan ini biasanya dijadikan sebagai tempat peristirahatan dan atau perkemahan  ke dua setelah Ranu Kumbolo oleh para pendaki Gn. Semeru.

18. Arcopodo 


Arcopodo adalah kawasan dan habitat hutan cemara setelah Cemorokandang. Arcopodo merupakan tempat peristirahatan dan atau perkemahan terakhir setelah Kalimati sebelum menuju Puncak Gunung Semeru.

19. Puncak Semeru


Puncak Semeru (Mahameru) adalah tujuan akhir para pendaki, dari puncak Mahameru ini para pendaki harus segera turun kembali ke Arcopodo & Kalimati sebelum pukul 08.00 karena setelah pukul 08.00 akan ada badai pasir yang amat dahsyat.

20. Ireng - Ireng


Ireng-Ireng adalah kawasan Hutan Tropis Pegunungan yang suhu udaranya yang lebih hangat dari kawasan taman nasional bromo tengger semeru lainnya.
(Sumber)

0 Response to "Tentang Objek Wisata Gunung Bromo"

Posting Komentar